Polisi Kejar Rekan Pembusur Massa Tolak HRS di Makassar, Ini Perannya

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:30 WIB
Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh (dok. istimewa).
Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh. (Foto: dok. istimewa)
Makassar -

Selain menangkap pembusur massa aksi tolak Habib RIzieq Shihab (HRS) di Kota Makassar, Riswandi (37), polisi juga masih mengejar pria inisial FR. Rekan Riswandi itu diketahui turut membantu Riswandi menuju lokasi aksi.

"Satu orang masih kami melakukan pengejaran atas inisial FR, yang sampai saat ini kami cari keberadaannya," ujar Kapolsek Ujung Pandang AKP Bagas Sancoyoning kepada wartawan di area Satreskrim Polrestabes Makassar, Rabu (2/12/2020).

Bagas mengungkapkan FR ikut diburu lantaran berperan membantu Riswandi ke lokasi demo tolak HRS di area Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, pada Selasa (1/12). FR juga disebut kembali bersama-sama Riswandi saat kabur dari lokasi.

"Yang bersangkutan (FR) pada saat kejadian membonceng pelaku RSD (Riswandi)," kata Bagas.

Menurut AKP Bagas, baik Riswandi maupun rekannya yang jadi buron telah merencanakan bersama untuk mendatangi lokasi unjuk rasa tolak kedatangan Habib Rizieq Shihab. Pasalnya, Riswandi memang telah sejak awal menyediakan senjata busur.

"Mereka memang menyiapkan ini dari rumah untuk digunakan untuk membusur peserta aksi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Riswandi ditangkap polisi di Jl Sungai Limboto, Makassar, Selasa (1/12) malam. Dari penangkapan ini polisi turut menyita busur dan molotov.

"Alat bukti ada 27 busur 5 katapel, 5 botol molotov, dan 1 minyak tanah yang masih belum digunakan ataupun dikemas," jelas AKP Bagas.

Riswandi telah ditetapkan menjadi tersangka dengan dijerat Pasal 351 juncto Pasal 56 KUHP dengan ancaman 10 tahun penjara. Tersangka juga dituding melanggar Lembaran Negara (LN) Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan Ancaman 10 tahun penjara.

Tonton video 'Detik-detik Massa Tolak Habib Rizieq di Makassar Diserang OTK':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)