Politikus PDIP Minta HRS Kooperatif-Hargai Polisi soal Kasus Kerumunan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 16:00 WIB
Habib Rizieq Syihab Hadiri Acara Dialog 212 Secara Virtual
Habib Rizieq Syihab Hadiri Acara Dialog 212 Secara Virtual (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketidakhadiran pimpinan FPI, Habib Rizieq Syihab (HRS), untuk memenuhi pemanggilan polisi menjadi sorotan. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) I Wayan Sudiarta mendorong Habib Rizieq kooperatif memenuhi panggilan polisi.

"Harus kooperatif, harus menghargai polisi. Seperti polisi juga menghargai Habib Rizieq," ujar Wayan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Anggota Komisi III DPR RI ini juga menyoroti kehadiran Habib Rizieq dalam acara virtual hari ini. Ia mendorong agar ada penjelasan dari Habib Rizieq mengenai ketidakhadiran dirinya dalam pemanggilan polisi kemarin.

"Jadi kemarin dia nggak datang, tiba-tiba muncul di virtual. Jadi jika ada masyarakat yang bertanya, jika ada polisi yang bertanya, 'apakah kemarin berhalangan'. Kalaupun ada halangan, kalaupun ada alasan, pasti halangan dan alasan itu dipertanyakan banyak orang," kata Wayan.

"Oleh karena itu, terlepas dia punya kewajiban menjelaskan atau tidak, tapi kan akan lebih baik dijelaskan supaya tidak dipertanyakan terus, karena ketaatan pada hukum itu kan, itu kewajiban semua warga negara," imbuhnya.

Lebih lanjut Wayan menyoroti perihal tokoh agama yang merupakan panutan umat. Ia mengimbau Habib Rizieq bisa menjadi contoh dalam hal taat hukum.

"Apalagi seorang tokoh, dia harus menjadi contoh yang paling baik untuk ditiru dalam soal menaati hukum," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, HRS tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya (1/12). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan melayangkan panggilan kedua.

"Menjadi pertanyaan kalau sampai hari ini tidak datang, apa yang dilakukan penyidik? Kita tunggu sampai malam ini. Kalau tidak ada, malam ini kita layangkan lagi surat panggilan kedua terhadap MRS dan MHA," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12) siang.

Habib Rizieq Shihab tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus kerumunan di Petamburan. Habib Rizieq beralasan belum bisa diperiksa karena sedang pemulihan setelah keluar dari RS UMMI Bogor.

Sementara itu, Habib Rizieq Shihab muncul di acara dialog 212 yang digelar pada pagi hari ini. Dia hadir dari lokasi yang terpisah dengan tokoh lain.

(hel/aud)