Curah Hujan Tinggi Diprediksi Akan Landa Makassar, Warga Diminta Siaga Banjir

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 13:47 WIB
Hujan Lebat Guyur Makassar
Hujan lebat yang membuat genangan di Jalan AP Pettarani Makassar beberapa waktu lalu. (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar -

BMKG Makassar memprediksi curah hujan dengan intensitas cukup tinggi akan melanda wilayah Kota Makassar dan sekitarnya pada Desember ini. Warga diminta waspada dengan potensi banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Jadi memang peluang hujan di Desember cukup tinggi di wilayah Makassar dan sekitarnya, jadi boleh dikatakan satu minggu terakhir peluang hujan tiap hari itu selalu ada," kata Kabid Datin BMKG Makassar, Hanafi, kepada wartawan, Rabu (2/2/2020).

Musim hujan di wilayah Makassar diprediksi akan terus terjadi hingga Februari 2021. Namun intensitasnya diprediksi cukup tinggi di pengujung 2020.

Lebih lanjut Hanafi mengungkapkan, selama Desember, wilayah Makassar dalam sehari akan diguyur hujan, baik hujan yang turun di pagi, sore, malam, atau turun dari pagi hingga malam hari.

"Jadi volume sendiri ada yang disebut kategori sedang, yaitu 20-50 milimeter, tapi tidak menutup kemungkinan lebat 50-100 milimeter," ungkapnya.

Saat hujan terjadi di wilayah Makassar dengan intensitas sedang hingga lebat, di wilayah Pantai Barat Sulawesi Selatan sudah terjadi hujan dengan intensitas lebat. Kondisi ini menjadi awal mula musim hujan turun.

Untuk itu, Hanafi mengimbau warga Sulsel, khususnya Makassar, agar segera bersiap menghadapi musim hujan dengan memperbaiki aliran air, seperti selokan dan kanal yang ada.

"Untuk Makassar potensi banjir yang harus diwaspadai," pungkasnya.

(nvl/nvl)