Pihak Bandara Soetta Diperiksa Polisi soal Kerumunan Habib Rizieq Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 09:47 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Polda Metro Jaya hari ini menjadwalkan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus kerumunan Habib Rizieq Shihab. Hari ini giliran dari pihak Bandara Soekarno-Hatta yang dimintai keterangan.

"Kemudian, kalau yang di Polda Metro Jaya rencana untuk besok (hari ini) tanggal 2 pemanggilannya mulai dari Manajer Security Bandara Soekarno-Hatta," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Selain itu, penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, yaitu saksi dari kru tenda pada saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq pada beberapa waktu lalu.

"Kemudian pemilik tenda, kenek tenda, kemudian sopir tenda. Itu beberapa saksi yang rencananya dilakukan pemanggilan," jelasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah mengagendakan pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab dan menantunya, Hanif Alatas, pada Selasa (1/12) kemarin. Namun keduanya tidak hadir.

"Hari ini (kemarin) beliau tidak mangkir, beliau hadir diwakili kita oleh tim bantuan hukum FPI, yaitu tim kuasa hukum HRS menyampaikan alasan tidak dapat memenuhi pemeriksaan dimaksud dengan alasan sedang masih beristirahat," ujar Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12).

Menurut Aziz Yanuar, pihak penyidik menerima alasan ketidakhadiran Habib Rizieq dalam pemeriksaan tersebut. Pihaknya mengaku mengapresiasi polisi yang memberikan toleransi kepada Habib Rizieq.

"Alhamdulillah pihak penyidik menerima dengan baik alasan dari kami dan pihak Habib Rizieq sangat mengapresiasi, kemudian juga mengerti alasan kemanusiaan dan alasan kesehatan terkait pemenuhan kondisi Habib Rizieq Shihab. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada kepolisian," tuturnya.

Polda Metro Jaya memanggil ulang Habib Rizieq dan menantunya. Keduanya akan diperiksa pada Kamis (3/12) besok.

(mea/mea)