Polda Sulsel Selidiki OTK yang Serang Aksi Tolak Habib Rizieq di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 18:41 WIB
Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh (dok. istimewa).
Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh (dok. Istimewa)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) turun tangan menyelidiki kelompok orang tak dikenal (OTK) yang menyerang dan membubarkan massa aksi yang menolak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Kota Makassar.

"Sedang kita selidiki. Tim dari Polda juga sudah turun menyelidiki kekisruhan unjuk rasa tadi," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo kepada detikcom, Selasa (1/12/2020).

Kombes Ibrahim mengatakan pihaknya belum bisa menyimpulkan siapa kelompok OTK yang menyerang dan membubarkan peserta unjuk rasa tersebut. Masih dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

"Biarkan kita bekerja dulu, hasilnya pasti kami sampaikan lebih lanjut," katanya.

Diberitakan sebelumnya, massa yang mengatasnamakan dirinya sebagai kelompok Masyarakat Sulawesi Selatan menggelar aksi menolak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Kota Makassar. Unjuk rasa tersebut berlangsung di depan Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Selasa (1/12).

Saat melakukan unjuk rasa menolak Habib Rizieq di Makassar, massa aksi sempat menahan sebuah truk untuk menyampaikan orasi. Massa juga menempelkan spanduk bergambar penolakan Habib Rizieq dan tulisan 'Tolak kedatangan Habib Rizieq di Sulawesi Selatan'.

Namun aksi yang awalnya damai tersebut seketika berakhir ricuh. Pasalnya, tiba-tiba datang kelompok penyerang yang memprotes aksi unjuk rasa tersebut. Massa kemudian dilempari batu hingga langsung kocar-kacir.

Lihat juga video 'Ricuh Aksi Tolak FPI di Surabaya, Sejumlah Orang Adu Pukul':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)