Satgas: Jumlah Testing November Ada Peningkatan, Jangan Terbuai

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 18:12 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengungkapkan bahwa jumlah tes Corona (testing) di Indonesia mengalami peningkatan. Tren peningkatan ini tampak pada setiap minggunya.

"Walaupun sempat mengalami berbagai fluktuasi jumlah testing yang dilakukan pada bulan November 2020 mencatatkan tren peningkatan setiap minggunya. Dari 67,15% pada minggu pertama, naik menjadi 90,64% pada minggu keempat. Ini tentunya pencapaian yang positif," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (1/12/2020).

"Dan hal ini jumlah testing yang dilakukan semakin mendekati target yang ditentukan oleh WHO," lanjutnya.

Dalam hal ini, Wiku mengapresiasi para petugas laboratorium yang tidak pernah lelah dalam menerima spesimen. Dia meminta para petugas menjaga kesehatan.

"Saya juga memberikan apresiasi kepada laboran yang tidak pernah lelah dalam menerima spesimen yang masuk. Tetap jaga kesehatan," ujar Wiku.

Kendati demikian, Wiku mengingatkan semua pihak tak terbuai oleh pencapaian ini. Semata-mata agar target testing yang ditentukan WHO bisa tercapai.

"Namun demikian saya juga mengingatkan agar jangan terbuai oleh capaian ini. Terus tingkatkan jumlah testing sehingga kita bisa mencapai target yang sudah ditetapkan oleh WHO," ungkapnya.

(rdp/gbr)