Anies-Riza Positif COVID, Satgas Berharap Masyarakat Makin Sadar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 17:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Anies Baswedan dan Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif COVID-19. Satgas Penanganan COVID-19 nasional menegaskan penanganan Corona di DKI tetap jalan.

"Satgas turut prihatin dengan terkonfirmasi positif COVID-19 yang dialami Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Meski demikian, kebijakan pencegahan COVID-19 di Ibu Kota akan tetap berjalan dan fokus kepada implementasi strategi 3M dan 3T," kata juru bicara satgas, Wiku Adisasmita, dalam konferensi pers yang ditayangkan BNPB, Selasa (12/1/2020).

Wiku berharap masyarakat semakin sadar akan bahaya COVID-19 setelah kepala daerah, termasuk Anies Baswedan dan Riza Patria, terkonfirmasi positif Corona. Wiku menegaskan Corona bisa menulari siapa saja.

"Satgas berharap diagnosa positif COVID-19 pada pimpinan daerah dapat menyadarkan masyarakat bahwa COVID-19 berpotensi untuk menular kepada siapa pun, siapa saja, tanpa memandang status maupun latar belakang bahkan apa pun pekerjaannya," ucap Wiku.

"Maka dari itu, satgas ingatkan agar masyarakat betul-betul tertib protokol kesehatan dan jangan pergi ke lokasi di mana ada kerumunan. Dilarang berkerumun," sebut Wiku.

Wiku menegaskan satgas menggalakkan upaya testing dan tracing di DKI Jakarta. Mengingat angka kasus positif di DKI Jakarta terus naik dalam seminggu terakhir, maka testing dan tracing sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan Corona.

"Lebih daripada itu paling penting adalah masyarakat sendiri harus mampu menghindari terjadinya kontak dan penularan di antara keluarga atau tempat pekerja atau di mana pun kita berada," ucap Wiku.

Wiku meminta masyarakat waspada. Dia tak ingin kasus Corona menjadi tak terkontrol.

"Tidak boleh terulang kembali peningkatan kasus yang tidak terkendali," jelas Wiku.

(gbr/hri)