Terduga Teroris Ditangkap di Palembang, Polri: Pengembangan dari Upik Lawanga

Kadek Melda - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 17:03 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Brigjen Awi Setiyono (Foto: dok Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Seorang pria terduga teroris dibekuk tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Palembang. Polri mengatakan penangkapan tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan terduga teroris ahli perakit bom, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga (UL).

"Iya pengembangan UL," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono melalui pesan singkat, Selasa (1/12/2020).

Awi menyampaikan pria terduga teroris itu masih satu jaringan dengan Upik Lawanga. Jaringan kelompok yang dimaksud adalah Jamaah Islamiyah (JI)

"Iya kelompok JI," ucapnya.

Upik ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri dalam serangkaian operasi yang berlangsung pada 23-25 November 2020. Upik ditangkap di Lampung.

Polri mengatakan teroris ahli rakit bom Upik Lawanga merupakan aset berharga kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Polri menyebut Upik Lawanga disembunyikan oleh JI dan kerap berpindah tempat.

"Upik Lawanga merupakan aset paling berharga Jamaah Islamiyah atau JI karena UL merupakan penerus dari Dr. Azhari sehingga yang bersangkutan disembunyikan oleh kelompok JI dan berpindah tempat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/11).

Selanjutnya
Halaman
1 2