Besok, Polisi Periksa Camat-Kepala Puskesmas soal Kerumunan di Megamendung

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 16:27 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto: dok Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Polisi kembali menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi terkait kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Jawa Barat. Sebanyak delapan saksi akan dipanggil oleh penyidik Polda Jawa Barat, besok.

"Untuk hari Rabu tanggal 2 Desember 2020 rencana akan memeriksa 8 saksi," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Awi memerinci para saksi itu terdiri dari Kepala Desa, ketua RT, hingga ketua RW di sejumlah wilayah di Kecamatan Megamendung, Jawa Barat.

"Penyidik Polda Jabar akan memeriksa 8 saksi dari mulai ketua RT, kemudian ketua RW, Kepala Desa Kuta, Kepala Desa Sukagalih," jelasnya.

Tak hanya itu, penyidik akan memintai keterangan sejumlah aparat yang bertugas di Megamendung. Di antaranya Babinkamtibmas, Camat Megamendung, Kasipol PP Kecamatan Megamendung, hingga Kepala Puskesmas Megamendung.

"Kemudian ada juga Babinkamtibmas kemudian Camat Megamendung, kemudian Kasipol PP Kecamatan Megamendung, kemudian Kepala Puskesmas (Megamendung)," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Polisi menjadwalkan pemanggilan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho, hari ini. Ridho dipanggil sebagai saksi bersama dua orang lainnya oleh Polda Jawa Barat (Jabar) terkait kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor.

"Terkait penyidikan di Polda Jabar, rencananya besok, Selasa 1 Desember 2020 di Polda Jabar penyidik akan memanggil tiga saksi, Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Kabid Hukum Pol PP Kabupaten Bogor, dan anggota Satpol PP Bogor," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/11).

Untuk diketahui, kasus ini sendiri sudah ditingkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. Sebelum naik ke tingkat penyidikan, polisi sudah memanggil 12 saksi untuk diklarifikasi.

Sebagai informasi, Habib Rizieq mengunjungi Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor. Para santri antusias menyambut kedatangan Rizieq. Dalam kegiatan itu, terjadi kerumunan massa. Sebagian massa bahkan ada yang tak mengenakan masker.

(idn/idn)