Istana Jamin Otsus Papua Jilid II Hormati Local Wisdom dan Lingkungan

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:00 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Pendanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid II bakal berakhir pada 2021. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjamin otsus Papua jilid II bakal menghormati kearifan lokal dan lingkungan hidup Papua.

"Saya ingin memberikan sedikit informasi tentang perkembangan Papua dalam konteks menuju apa itu otsus yang kedua," kata Moeldoko kepada wartawan di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

Moeldoko menjelaskan dirinya merupakan anggota Dewan Pengarah Percepatan Pembangunan di Wilayah Papua dan Papua Barat. Untuk mewujudkan pembangunan di Papua, ada lima hal yang menjadi kerangkanya. Pertama, menghormati kearifan lokal.

"Yang pertama, transformasi ekonomi berbasis wilayah adat. Itu sangat penting karena kita sangat menghormati local wisdom," kata mantan Panglima TNI ini.

Pemerintah RI ingin mewujudkan percepatan pembangunan Papua. Harapannya, Papua, yang meliputi Provinsi Papua dan Papua Barat, bisa semakin sejahtera. Kerangka selanjutnya adalah soal lingkungan hidup.

"Berikutnya, kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana," kata Moeldoko menyebutkan kerangka nomor dua dalam pembangunan Papua.

Selanjutnya, pembangunan Papua dijamin bakal menghormati hak rakyat:

Selanjutnya
Halaman
1 2