Polda NTB Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 11:41 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

DVI Polri Polda NTB menggelar sosialisasi dan simulasi bertempat di Ballroom Hotel Aruna dan Pantai Senggigi dalam rangka kesiapsiagaan Provinsi NTB menghadapi bencana alam. Acara ini dipimpin Kabid Dokkes Polda NTB, Kombes Pol Erwinn Zainul Hakim.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto mengatakan rencana penanggulangan bencana adalah untuk melihat dalam posisi mitigasi, rencana kontijensi, rencana operasi, dan rencana pemulihan.

"Sedangkan untuk di Mandalika baru dipasang 6 sirine simulasi besar-besaran yang dipasang di sekitar Kuta Mandalika sebab saat ini sedang dilaksanakan promosi Mandalika menuju GP 2021," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Ia mengatakan penyelamatan, evakuasi, PP, penilaian kebutuhan, bantuan air dan sanitasi, dukungan psikologi, pengobatan dalam hal ini juga harus ada peranan dari masyarakat itu sendiri.

Manajemen penanggulangan bencana, manajemen risiko bencana, mitigasi kesiapsiagaan prabencana, manajemen darurat, saat bencana, manajemen pemulihan, badan pascabencana untuk juga diberikan untuk menambah pengetahuan soal bencana.

"Kita harus berdoa dan berikhtiar, kita dituntut untuk mengetahui tentang pengetahuan dan mengikuti prosedur yang ada. Saat ini perlu kita terapkan filosofi, jauhkan masyarakat dari bencana,Jauhkan bencana dari masyarakat, Hidup harmonis dengan bencana (living harmony with disaster)," tandasnya.

(ega/ega)