Jokowi Soroti Kasus Corona Memburuk, Ini Kata Satgas COVID-19

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 07:51 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kasus aktif dan kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia memburuk, khususnya di DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan hal tersebut membuktikan bahwa risiko penularan COVID-19 di sejumlah daerah masih belum terkendali dengan baik.

"Jika angka kasus semakin besar berarti laju penularan COVID-19 pun meningkat. Hal ini mengartikan bahwa risiko penularan COVID-19 belum dapat dikendalikan dengan baik khususnya di daerah-daerah kontributor terbesar kasus nasional," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, saat dihubungi, Senin (30/11/2020).

Ia menyebut salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya angka kasus Corona kemungkinan karena kerumunan massa. Untuk itu, ia mengatakan pemerintah saat ini terus melakukan testing hingga tracing terkait kerumunan massa itu.

"Kerumunan sangat memungkinkan menjadi kontributor mengingat massa yang ikut serta di dalamnya pun banyak. Statement tersebut baru bisa dibuktikan saat seluruh penjaringan, baik testing mau tracing telah rampung dilakukan," ungkapnya.

Wiku sangat menyayangkan kenaikan kasus Corona saat ini masih terus terjadi. Untuk itu, ia meminta pemerintah daerah dan masyarakat tidak lengah dan tetap waspada.

"Kami berharap kejadian ini menjadi pengingat, baik bagi masyarakat maupun pemerintah, khususnya di tingkat daerah bahwa pandemi masih terjadi dan kelengahan sedikit saja akan sangat berdampak," ujarnya.

Kemudian, perihal menurunnya pasien sembuh, Wiku meminta pemda melakukan evaluasi terkait program 3 T (testing, tracing, dan treatment).

"Terkait dengan kesembuhan yang menurun hal ini perlu dijadikan bahan evaluasi, khususnya oleh pemda setempat, terkait pelaksanaan 3T," tutur Wiku.

Simak juga video 'Jokowi Soroti Peningkatan Kasus Corona & Kesembuhan: Semua Memburuk!':

[Gambas:Video 20detik]



Jokowi menyoroti peningkatan kasus Corona di RI. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2