SIDAK 30 November: 3 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 22:33 WIB
Selain membunuh satu keluarga di Sigi, kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora juga melakukan pembakaran rumah. Begini kondisi rumah yang dibakar kelompok MIT.
Serangan Kelompok Teroris MIT di Sigi (Foto: ANTARA FOTO/Humas Polres Sigi)
Jakarta -

Pembunuhan di Sigi menjadi berita terpopuler hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan mengutuk keras pembunuhan sadis di Sigi itu. Jokowi meminta Kapolri dan Panglima TNI mengusut tuntas peristiwa itu sampai ke akar.

Selain itu, ada juga berita mengenai gerhana bulan penumbra yang terjadi sore tadi. Serta berita tentang 9 Desember yang ditetapkan menjadi hari libur nasional.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video berjudul 'PENJELASAN SINGKAT TEROR DI SIGI! SIDAK! : 30/11/2020', yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 3 berita teraktual hari ini:

- Penjelasan Singkat Tentang Teror di Sigi

Satu keluarga, yang berjumlah empat orang, warga Desa Lembatongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, dibunuh orang tak dikenal. Kejadian ini terjadi pada Jumat (27/11/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

Korban tewas dalam kondisi mengenaskan. Polisi pun bergerak cepat menyelidiki kasus tersebut, hingga menemukan petunjuk berarti. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) didapat petunjuk bahwa ada keterlibatan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) dalam pembunuhan sadis itu.

"Jadi dari hasil olah TKP serta keterangan saksi bahwa aksi sadis yang menyebabkan empat orang warga Kecamatan Palolo tewas dilakukan oleh kelompok sipil bersenjata MIT," kata Kapolda Sulteng Irjen Abd Rakhman Baso kepada detikcom, Sabtu (28/11).

Pelakunya ada delapan orang. Ali Kalora yang jadi pemimpinnya.

"Keempat korban itu adalah kepala keluarga bernama Yasa. Korban lainnya adalah istri Yasa, putri Yasa, dan menantu Yasa," ungkap Rakhman.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutuk pembunuhan sadis yang menewaskan 4 orang di Sigi, Sulawesi Tengah. Kapolri Jenderal Idham Azis diperintahkan mengusut tuntas jaringan pelakunya.

"Saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akarnya," kata Presiden Jokowi dalam pernyataannya seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/11).

Selain itu, ada perintah kepada Panglima TNI. "Saya juga sudah memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk meningkatkan kewaspadaan," tambahnya.

- Gerhana Bulan Penumbra Sore Tadi

Fenomena gerhana bulan penumbra disaksikan di beberapa tempat dari Indonesia sore tadi. Fenomena gerhana bulan penumbra terjadi sore ini, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Gerhana bulan penumbra parsial dimulai sejak pukul 14:29:56 WIB hingga pukul 18:55:48 WIB selama 4 jam 25 menit 52 detik. Puncak gerhana terjadi pada pukul 16:42:49," kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui akun Instagram @lapan_ri.

Adapun wilayah-wilayah yang bisa menyaksikan seluruh fase gerhana bulan penumbra, dari kontak awal, puncak gerhana, hingga kontak akhir adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, dan satu di luar RI yakni Timor Leste.

Selain itu, fenomena gerhana bulan penumbra bisa disaksikan dari wilayah Indonesia lainnya. Namun hanya dapat disaksikan sisanya.

"Sementara wilayah Indonesia sisanya hanya dapat menyaksikan bulan yang sudah tidak tertutup bayangan penumbra secara maksimal, karena puncak gerhana terjadi sebelum bulan terbit," tulis LAPAN.

- Pilkada Serentak 9 Desember Jadi Libur Nasional

Presiden Jokowi menetapkan hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang dilaksanakan Rabu 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden (Keppres).

Penetapan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional tertuang dalam Keppres Nomor 22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.

"Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota secara serentak," demikian keputusan Jokowi pada diktum kesatu perpres tersebut seperti dilihat detikcom, Sabtu (28/11)

Keppres Nomor 22 Tahun 2020 ini berlaku sejak tanggal penetapan, yaitu 27 November 2020.

(eva/zak)