Habib Rizieq Belum Pasti Penuhi Panggilan Polda Metro Besok, Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 19:15 WIB
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolda Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) terkait kematian editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polda Metro Jaya menyatakan kematian Yodi Prabowo karena bunuh diri dengan cara menusukkan pisau ke perut dan leher. Hadir dalam keterangan pers tersebut antara lain Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam Aziz Yanuar mengatakan Habib Rizieq Shihab belum pasti memenuhi panggilan Polda Metro Jaya besok. Apa kata pihak kepolisian?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, secara aturan, saksi yang dipanggil memang bisa tidak memenuhi panggilan polisi. Asalkan, terperiksa memberi alasan jelas.

"Mekanismenya silakan selama bisa menyampaikan alasan yang pasti. Alasan yang menurut aturan UU itu betul," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Yusri mencontohkan, jika Habib Rizieq berhalangan hadir karena sakit, perwakilan Habib Rizieq harus menyertakan bukti sakit dari rumah sakit ke kepolisian. Polisi, sambung Yusri, nantinya akan memeriksa dokter yang menangani Habib Rizieq untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Misalnya yang bersangkutan sakit dengan membawa surat keterangan sakit dari dokter. Nanti dokternya kita cek. Sakitnya sakit apa. Kan nggak mungkin orang sakit diperiksa. Yang penting harus ada alasan yang pasti," ungkapnya.

Selain Habib Rizieq, polisi menjadwalkan pemeriksaan 2 saksi lainnya. Kedua saksi adalah dari Biro Hukum FPI Aziz Yanuar dan menantu Habib Rizieq, Hanif Alatas.

Apa tanggapan pihak FPI soal pemanggilan tersebut? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2