2 Orang Diduga Pembawa Koper Berisi Mayat WNI di Mekah Berasal dari Banten

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 17:40 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto ilustrasi garis polisi. (Thinkstock)
Jakarta -

Identitas mayat warga negara Indonesia (WNI) wanita yang ditemukan dalam koper di Mekah, Arab Saudi, makin terang. Berdasarkan dokumen keimigrasian, korban merupakan warga Tangerang, Banten.

"Paspornya Tangerang. Di paspor hanya ada keterangan kelahiran Tangerang, 1997 lahir," kata Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (30/11/2020).

Maftuh sebelumnya menjelaskan korban berinisial A (23) tersebut bekerja sebagai tenaga kebersihan. Hal ini terungkap setelah dilakukan pemeriksaan sidik jari korban.

A disebut sudah putus kontrak dengan perusahaan sponsornya. Mayat A ditemukan di Kawasan Mina, Mekah. Maftuh mengatakan A masuk ke Saudi pada Februari 2020.

"Almarhumah tercatat sudah putus kontrak dengan perusahaan yang juga merupakan kafilnya (sponsor). WNI tersebut ditemukan di Kawasan Mina, Mekah," sebut Agus Maftuh.

Berdasarkan visum aparat setempat, tak ditemukan tanda kekerasan pada tubuh korban A. Namun penyebab kematian masih belum diketahui.

Terkait kasus ini, aparat setempat telah mengamankan dua orang yang diduga sebagai pembawa koper berisi mayat WNI wanita berinisial A. Maftuh mengatakan keduanya berasal dari Banten.

Dua orang tersebut adalah perempuan berinisial HAB dan pria berinisial YM.

"Dua WNI yang ditangkap berasal dari Provinsi Banten, Lebak dan Serang. KJRI Jeddah sudah memberikan pendampingan terhadap dua WNI tersebut," kata Maftuh.

Mayat WNI berinisial A ditemukan warga setempat pada Jumat (27/11) malam. Awalnya warga melihat sebuah koper di jalan di Mekah. Namun saat dibuka ternyata berisi tubuh wanita yang sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Lihat juga video 'Saksi Mata: Janda Tewas Dibungkus Dalam Karung':

[Gambas:Video 20detik]



Kronologi kasus diungkap KJRI, bisa dibaca di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2