Tim Kampanye Sehat Cek Prokes di Posko 5 Paslon Bupati Lombok Tengah

Inkana Putri - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 17:03 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Kasat Binmas Polres Loteng, NTB Iptu Wahyu Indrawan mendampingi tim lomba Kampanye Sehat untuk menilai posko pemenangan lima pasangan Calon Bupati Lombok Tengah.

Penilaian pertama diawali di posko pemenangan Paslon nomor urut tiga, yakni Masrun dan TGH Habib Ziadi Thohir di di Lingkungan Merang Baru, Kelurahan Prapen, Kecamatan Pray. Dalam kesempatan tersebut, tim penilai mengajukan sejumlah pertanyaan seputar pelaksanaan kampanye sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Merespons hal ini, Calon Wakil Bupati Habib menjelaskan paslon nomor urut tiga, tim sukses, tim relawan dan simpatisan selalu mematuhi protokol COVID-19. Selain itu, pembagian masker dilakukan kepada masyarakat dan massa pendukung.

"Kami juga tetap membagi-bagikan masker," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Hal tersebut ia sampaikan saat penilaian lomba Kampanye Sehat, Jumat (27/11/2020). Terkait publikasi kampanye, Habib menyebut pihaknya juga memiliki tim khusus untuk mempublikasi kegiatan kampanye sehat lewat media sosial.

"Ada tim khusus kami dibidang IT yang bergerak," katanya.

Sementara itu Tim Pemenangan paslon nomor urut empat HL Pathul Bahri-HM Nursiah, Iraawan menyampaikan hingga saat ini pihaknya tidak menerima teguran dari Bawaslu. Hal tersebut disampaikan saat menerima tim penilai di posko pemenangan di Dusun Batujai Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat.

"Kami bersyukur sampai saat ini, kami tidak ada teguran dari Bawaslu terkait pelaksanaan kampanye sehat," paparnya.

Irawan mengatakan pelaksanaan kampanye tetap berprinsip pada protokol kesehatan, baik secara konsep maupun praktik. Kampanye dilaksanakan dengan pembagian masker atau alat-alat protokol kesehatan.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan paslon nomor urut lima HL Saswadi-HL Dahru, Amili mengatakan pihaknya juga menjalankan aturan yang sama dalam kampanye.

Salah satunya, tim harus memastikan warga menggunakan masker. Jika terdapat warga yang tidak menggunakan, maka tim langsung membagikan masker yang sudah tersedia.

"Kami juga menjalankan hal yang sama terkait kampanye sehat ini," katanya.

Selanjutnya, tim penilai lomba Kampanye Sehat mengunjungi posko pemenangan Ahmad Ziadi-Lalu Aswatara di Lingkungan Pengamas Kelurahan Praya Kecamatan Praya.

Terkait hal ini, Tim Pemenangan paslon nomor urut dua, Gondang menyampaikan telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat kampanye. Termasuk, memanfaatkan Facebook, Instagram dan grup WhatsApp untuk mempublikasikan kampanye sehat.

"Untuk pencapaian kampanye, kami sudah hampir 100 persen mengunjungi masyarakat dan protokol kesehatan tetap melekat," ungkapnya.

Terakhir, tim penilai mengunjungi posko pemenangan paslon nomor urut satu Lale Prayanti-Sumum di Dusun Otak Desa Desa Puyung Kecamatan Jonggat. Dalam kesempatan ini, Calon Bupati Prayatni secara detail menjelaskan telah menerapkan protokol kesehatan selama masa kampanye.

"Prinsipnya, protokol kesehatan menjadi hal utama setiap kami turun berkampanye. Fisik maupun non fisik," pungkasnya.

Sebagai informasi, tim penilai lomba Kampanye Sehat terdiri dari ketua Joko Jumadi SH MH dan tiga anggota yaitu, Wahyu Sulistya Affarah, Khairus Febrian Fitrahadi dan Riadhussyah. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kasat Binmas Polres Loteng Iptu Wahyu Indrawan, KBO Binmas Ipda Jalaludin dan Kanit Bintibmas Aipda Jamiludin.

(ega/ega)