Warna Lambang Partai Jadi Oranye, PKS: Fresh, Friendly dan Inklusif

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 16:08 WIB
Lambang baru PKS.
Lambang PKS (screenshot video)
Jakarta -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengganti warna logo partainya menjadi bernuansa oranye. PKS menegaskan perubahan tersebut sebagai rejuvenasi atau peremajaan lambang partai.

"Prinsipnya, bukan ganti lambang, tapi rejuvenasi, peremajaan lambang supaya lebih fresh, friendly, dan inklusif, diterima oleh semua kalangan," kata Kepala KSP PKS Pipin Sopian kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Pipin menjelaskan tujuan perubahan lambang PKS. Menurutnya, perubahan itu dilakukan sebagai upaya agar PKS lebih mudah diterima oleh semua kalangan, termasuk generasi muda.

"Sehingga filosofi dan tujuan utama modifikasi lambang PKS adalah simbol optimisme dan semangat baru, komitmen PKS terus memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat berdasarkan nilai luhur Islam dan Pancasila, serta tekad PKS agar lebih dekat, hangat, dan diterima oleh semua kalangan, khususnya anak-anak muda," jelas Pipin.

Selain itu, Pipin mengatakan logo baru PKS masih memiliki unsur warna putih dan hitam. Ia menjelaskan perubahan warna oranye melambangkan kehangatan, harapan, optimisme, semangat baru, dan sifat muda PKS.

"Warna putih dan hitam tetap ada. Putih melambangkan bersih, suci, tulus, ikhlas, dan mulia. Sementara hitam bermakna kemauan keras, disiplin, kekuatan, ketegasan, wibawa, kepastian, aspiratif, dan perlindungan," tutur Pipin.

"Modifikasi ada pada warna oranye yang melambangkan kehangatan, harapan, optimisme, semangat baru dan tetap muda. Serta bentuk bulat yang melambangkan kesetaraan, keteraturan, persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila," sambungnya.

Lebih lanjut, Pipin mengatakan lambang PKS saat ini masih tetap memiliki gambar bulan sabit dan padi. Bulan sabit adalah simbol keluhuran dan kemenangan Islam, sedangkan padi adalah simbol persaudaraan.

"Dalam lambang ini masih tetap ada gambar bulan sabit yang mengapit padi. Bulan sabit menjadi simbol keluhuran dan kemenangan Islam. Sementara padi, simbol persaudaraan, keadilan, dan kesejahteraan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2