Begini Cara Andre Rosiade Genjot Daya Saing UMKM di Sumbar

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 10:16 WIB
Andre Rosiade
Foto: istimewa
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade nampaknya sangat serius dalam memajukan UMKM di Sumatera Barat. Meski berasal dari daerah pemilihan Sumbar 1, Ia tak sungkan untuk memotivasi puluhan pelaku UMKM di daerah Limapuluh Kota.

Bersama Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra dan tokoh masyarakat Limapuluh Kota Muhammad Rahmad, Andre bertemu dengan puluhan pelaku UMKM di Sarilamak, Limapuluh Kota, Sabtu (28/11) yang lalu. Dalam kesempatan tersebut, Andre berbagi cerita mengenai kondisi ekonomi Indonesia di tengah pandemi, dan juga bagaimana bertahan dan berkembang saat krisis ini berlangsung.

Andre Rosiade menyebutkan posisinya di Komisi VI sangat cocok dengan pengembangan UMKM di Sumbar. Ia pun akan terus membawa bantuan dari CSR BUMN untuk meningkatkan daya saing UMKM di Sumbar, karena menurutnya kerja sama antara UMKM dan BUMN adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas UMKM.

"Tadi saya dan tim sempat berkeliling Pasar Sarilamak, kondisinya tidak begitu baik. Para pedagang yang merupakan pelaku UMKM, harusnya bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik. Kami minta Bupati berikut harus memperhatikan pasar itu. Insyaallah kalau dibangun lebih baik, bisa menghidupkan UMKM di Limapuluh Kota," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini mengatakan selama Oktober sampai Desember mendatang ia memfasilitasi sekitar 4.500 UMKM se-Sumbar mendapatkan bantuan dari pemerintah masing-masing Rp2,4 juta.

"Itu adalah salah satu upaya kami untuk menyelamatkan UMKM dari kebangkrutan di tengah pandemi ini. Tentu juga ada pelatihan-pelatihan yang kami lakukan serta pemberian peralatan dan modal untuk UMKM di Sumbar. Selama 2020 telah digelar di Kota Padang, Sijunjung, Dharmasraya dan Kabupaten Solok," kata Andre.

Andre Rosiade juga memuji M Rahmad sebagai calon pemimpin yang punya kemampuan membenahi sektor ekonomi di Limapuluh Kota.

"Karena itulah Gerindra memberikan kepercayaan kepada M Rahmad untuk mempercepat pemulihan ekonomi Limapuluh Kota pasca dihantam pandemi COVID-19 ini," kata Andre Rosiade.

Sementara itu, Muhammad Rahmad menambahkan merasa senang melihat aneka ragam UMKM yang datang pada acara yang digagas DPC Gerindra Limapuluh Kota ini. Menurutnya, UMKM bisa dimajukan secara bersama-sama bila pemerintah daerah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap para pelakunya.

"Kami akan memperjuangkan para pelaku UMKM bisa mengakses teknologi, modal dan juga skill untuk berkembang. Kalau tidak, tentu pelaku UMKM di Limapuluh Kota akan jauh tertinggal dari daerah lain, bahkan dari tetangga Kota Payakumbuh," kata M Rahmad.

Di sisi lain, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade yang juga ketua DPD Gerindra Limapuluh Kota. Ia menilai Andre adalah ikon Sumbar di tingkat nasional yang tergabung dalam Komisi VI yang membidangi ekonomi, dari UMKM sampai BUMN.

"Pak Andre juga seorang pengusaha muda yang sukses dan dikenal sebagai anggota HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) pusat. Jadi, memberikan motivasi kepada pelaku UMKM adalah hal yang tepat. Apalagi sekarang, akun Instagram, facebook dan twitter pak Andre juga ratusan ribu followernya. Tentu bisa dimanfaatkan untuk mengendorse UMKM di sini," kata Deni.

Deni menambahkan UMKM adalah bagian terpenting dari perkembangan ekonomi sebuah daerah. Karena, lebih dari 50 persen ekonomi digerakkan oleh sektor ini, selain pertanian dan peternakan di Limapuluh Kota. Karena itu, Gerindra memberikan bekal kepada pelaku UMKM untuk bertahan dan berkembang di masa pandemi.

"UMKM menjadi bagian penting untuk kemajuan Limapuluh Kota ke depan. Apalagi di masa Pilkada ini, kita berharap pasangan yang terbaik dan menang akan fokus dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM. Kami di DPRD juga akan terus mendukung Pemkab Limapuluh Kota dalam program-program pelatihan UMKM," pungkasnya.

(ega/ega)