Round-Up

Kejutan-kejutan di Munas PKS Kelima

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 07:48 WIB
Lambang baru PKS.
Lambang baru PKS. (Foto: screenshoot video)
Jakarta -

Ada kejutan dalam Musyawarah Nasional (Munas) V PKS yang puncaknya digelar kemarin. PKS mengganti lambang partai hingga munculnya nama baru di struktur kepengurusan 2020-2025.

Ditayangkan langsung di YouTube PKS TV, Minggu (29/11/2020), kejutan pertama yang dikeluarkan PKS yakni memamerkan lambang baru partai yang tak lagi berbentuk persegi empat. Tidak ada warna hitam dan kuning yang mendominasi lambang partai baru PKS.

Lambang baru PKS didominasi warna putih dan oranye. Bentuknya yang sekarang juga lingkaran dan masih terdapat dua buah bulan sabit yang mengapit satu tangkai padi tegak lurus. Warna hitam hanya untuk tulisan 'PKS'.

Pembawa acara di munas itu menjelaskan filosofi lambang PKS yang baru itu. Disebutkan bentuk bulat yang dipakai melambangkan kesetaraan, keteraturan, keserasian, persatuan dan kesatuan arah demi memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat di Indonesia.

Sedangkan warna oranye melambangkan kehangatan, harapan, semangat kehidupan yang optimistis, dan semangat muda.

Muncul Nama Dokter Gamal Albinsaid

Kejutan lainnya yakni soal struktur kepengurusan partai masa bakti periode 2020-2025. Ada nama baru dalam kepengurusan PKS yang baru ini, yakni munculnya nama Dokter Gamal Albinsaid.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu secara khusus memperkenalkan Dokter Gamal yang menjadi bagian dari PKS. Syaikhu menyebut ke depannya mencari tokoh-tokoh muda berprestasi yang siap mengomandani PKS.

"Saya juga berikan porsi bagi lahirnya anak-anak muda potensial agar lahir, juga siap menjadi pemimpin, baik pemimpin di internal partai maupun pemimpin bagi masyarakat Indonesia, itulah sebabnya saya berikan kepercayaan kepada Saudara Dokter Gamal Albinsaid," ujar Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam sambutannya di acara puncak Munas V PKS, yang disiarkan di YouTube PKS TV, Minggu (29/11/2020).

"Inilah tokoh muda berprestasi yang di tingkat nasional dan internasional yang insyaallah akan mengomandani bidang kepemudaan PKS. Sehingga insyaallah PKS akan lebih dekat dengan kalangan milenial," lanjut dia.

Diketahui, di kancah politik, Gamal sempat berkiprah pada Pilpres 2019.Ketika itu Gamal menjadi salah satu juru bicara pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Pada struktur baru PKS periode 2020-2025, Gamal menduduki posisi Ketua Bidang Kepemudaan. Surat Keputusan DPP masa bakti 2020-2025 itu tertuang dalam SK DPP PKS Nomor 001-SKep-DPP-PKS-2020 tentang struktur PKS masa bakti 2020-2025 tanggal 20 Oktober 2020.

Berikut susunan lengkapnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3