Status Gunung Lewotolo di NTT Naik Jadi Siaga, BPBD Evakuasi 2.782 Orang

Antara News - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 04:34 WIB
Gunung Ili Lewotolo di Lembata, Nusa Tenggara Timur. (PVMBG)
Foto: Gunung Ili Lewotolo di Lembata, Nusa Tenggara Timur. (PVMBG)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status aktivitas vulkanik Gunung Ili Lewotolo (Lewotolok) dari level II atau 'Waspada' menjadi level III atau 'Siaga'. Imbas kenaikan status ini, 2.782 warga di sekitar gunung pun dievakuasi.

"Iya benar, pihak Vulkanologi sudah menaikan status gunung ini dari semula waspada menjadi siaga sejak pukul 13.00 wita siang tadi karena erupsi gunungnya sampai mengeluarkan batu-batu atau lava pijar," kata Kepala Pelaksana BPBD Lembata Kanis Making, seperti dilansir Antara, Senin (30/11/2020).

PVMBG merekomendasikan beberapa hal terkait naiknya status gunung jadi siaga, antara lain, masyarakat di sekitar gunung maupun pengunjung, pendaki atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius empat km dari kawah puncak. Penggunaan masker maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit dari abu vulkanik.

PVMBG juga mengingatkan abu vulkanik saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ili Lewotolok. Oleh karena itu, masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di gunung ini untuk mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama di musim hujan.