Round-Up

Pejabat Dicopot Imbas Kerumunan Habib Rizieq Tambah Panjang

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 23:10 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih dicopot dari jabatannya. Keduanya dinilai lalai terkait massa Habib Rizieq Syihab (HRS) di Petamburan.

Pencopotan Bayu dan Andono ini menambah panjang deretan pejabat yang dicopot gegara kerumunan massa Habib Rizieq di Petamburan beberapa waktu lalu.

Pencopotan sejumlah pejabat ini imbas dari serangkaian acara Habib Rizieq setiba di Indonesia setelah lebih dari 3 tahun berada di Arab Saudi.

Habib Rizieq disambut massa pendukungnya dalam jumlah besar. Kedatangan Habib Rizieq pada Selasa (10/11) menimbulkan kerumunan dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, hingga Petamburan, Jakarta Pusat.

Setelah itu, Habib Rizieq sempat berkegiatan menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, sebelum lanjut berceramah di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kedua kegiatan ini berlangsung pada Jumat (13/11).

Pada Sabtu (14/11), Habib Rizieq menyelenggarakan pernikahan putrinya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, disertai Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini selesai Minggu (15/11) dini hari.

Acara Habib Rizieq ini menimbulkan kerumunan, baik di Jakarta, tepatnya Petamburan, Jakarta Pusat, maupun di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Atas lahirnya kerumunan massa di tengah pandemi Corona (COVID-19), Polri telah meminta keterangan merotasi sejumlah pejabat dan berencana memanggil dan meminta keterangan pihak-pihak terkait kerumunan acara Habib Rizieq.

Para pejabat yang terkait juga dievaluasi secara internal oleh instansi yang bersangkutan. Simak di halaman berikutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4