Menteri LHK: Jurnalisme Lingkungan Sangat Penting

Sudrajat - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 15:15 WIB
Peluncuran buku Bonita Hikayat Sang Raja karya almarhum wartawan senior detikcom, Haidir Anwar Tanjung digelar di Jakarta.
Elys Masyitoh, isteri almarhum Haidir Anwar Tanjung menerima Lifetime Achievement Award bidang Lingkungan dari Kementerian LHK Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah sangat membutuhkan pers yang profesional, termasuk untuk pemberitaan masalah lingkungan. Apakah itu terkait masalah pembalakan liar, kebakaran hutan, maupun masalah satwa langka di berbagai wilayah di tanah air. Jurnalisme lingkungan, kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, punya arti penting tersendiri dalam mengedukasi publik. Juga menyampaikan kontrol terhadap pemerintah, kalangan dunia usaha, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk turut bersama mewujudkan keseimbangan antar sesama makhluk hidup.

''Untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, yang paling dipentingkan adalah implementasi, jangan asumsi, atau cuma omongan. Karena itu jurnalisme lingkungan sebagaimana yang ditunjukkan almarhum (Haidir Anwar Tanjung) sangat penting artinya bagi Bangsa dan Negara," kata Siti Nurbaya di acara diskusi buku Bonita: Hikayat Sang Raja karya Haidir Anwar Tanjung di Arboretum KLHK, Jumat (27/11/2020).

Sejauh ini, media dan lebih khususnya lagi wartawan yang punya komitmen untuk belajar sekaligus mengedukasi publik lewat reportase langsung mereka di lapangan masih tergolong langka. Di antara yang langka itu adalah almarhum Haidir Anwar Tanjung dari detik.com.

"Jujur harus saya katakan, Bang Haidir maupun detik.com tak selalu memberitakan yang baik-baik, tak sedikit isu yang pahit pun diberitakan dengan seksama. Tapi semua harus kami terima sebagai bagian dari koreksi dan kontrol," kata Siti Nurbaya.

Selain isteri, anak, dan orang tua Haidir, turut hadir dalam acara itu Gubernur Riau beserta Kapolda dan Danrem Riau. Hadiri berpulang pada Kamis (19/11/) malam di Eka Hospital, Pekanbaru karena serangan jantung.

Atas dedikasinya selama 20 tahun menjadi wartawan di detik.com dan banyak menulis isu lingkungan Siti Nurbaya menganugerahi penghargaan istimewa: Lifetime Achievement Award for excellence journalism on wildlife conservation and environment safeguard. Ini merupakan penghargaan pertama kali yang diberikan pemerintah Republik Indonesia melalui KLHK untuk jurnalis atas dedikasi dan karyanya.

"Almarhum dikenal sebagai sosok jurnalis yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi khususnya penyelamatan harimau Sumatera di Indonesia dan peningkatan kesadaran lingkungan bagi masyarakat," ungkap Siti Nurbaya.

Kiprah Haidir sebagai jurnalis selama lebih dari 20 tahun, dinilai telah menunjukkan peran penting media dalam menjembatani kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Serta menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan.

KLHK juga menyerahkan Wildlife Survival Achievement Award untuk media Detik.com, atas perannya sebagai media yang konsisten mengawal isu lingkungan hidup Indonesia. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Gubernur Riau, Kapolda Riau, dan Danrem 031/WB.

Penghargaan ini juga diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi kepada berbagai pihak untuk turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, serta mewujudkan keseimbangan antar sesama makhluk hidup.

(ddg/jat)