Geledah Kantor Edhy Prabowo, KPK Sita Mata Uang Rupiah-Asing

Kadek Melda - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 14:08 WIB
Jakarta -

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam kasus korupsi Edhy Prabowo. Dari hasil penggeledahan, KPK menyita sejumlah mata uang rupiah hingga asing.

"Jumat (27/11/ 2020), penyidik KPK melakukan penggeledahan di beberapa ruangan di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Penggeledahan dilakukan sejak sekitar pukul 10.45 WIB sampai dengan sekitar pukul 03.00 WIB.
Dalam penggeledahan tersebut penyidik berhasil menemukan dan mengamankan sejumlah barang berupa uang tunai dalam bentuk mata uang rupiah dan mata uang asing yang saat ini masih dilakukan penghitungan," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020).

Ali menyampaikan penyidik juga menyita barang bukti elektronik yang diduga berkaitan dengan dugaan suap Edhy Prabowo. Selanjutnya, kata Ali, penyidik akan menganalisis uang dan barang bukti lain yang telah disita.

"Disamping itu juga ditemukan beberapa dokumen dan barang bukti elektronik terkait dugaan dugaan suap yang diterima oleh tersangka EP dan kawan-kawan. Penyidik akan melakukan analisa terhadap uang dan barang yang ditemukan dalam kegiatan penggeledahan tersebut selanjutnya akan dilakukan penyitaan," ujarnya.

Lebih lanjut Ali mengatakan, penyidik juga masih akan melakukan penggeledahan ke beberapa tempat lain. Namun Ali tidak merinci tempat mana saja yang akan menjadi objek penggeledahan selanjutnya.

"Penggeledahan masih akan dilakukan oleh tim penyidik ke beberapa tempat yang diduga terkait dengan perkara ini namun kami tidak bisa menyampaikan lebih lanjut terkait dengan tempat-tempat dimaksud mengingat ini adalah bagian dari strategi penyidikan," imbuhnya.

Untuk diketahui, penyidik melakukan penggeledahan selama lebih dari 15 jam. Usai melakukan penggeledahan, tim penyidik KPK membawa sekitar enam koper dari dalam gedung KKP.

Pantauan detikcom, tim penyidik KPK keluar dari Gedung Mina Bahari IV, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Sabtu (28/11/2020), sekitar pukul 02.20 WIB. Tim penyidik KPK membawa enam koper berwarna biru dan oranye.

Tim penyidik mengenakan rompi berwarna krem bertulisan 'KPK'. Ketika keluar, tim penyidik KPK membawa enam koper menuju mobil berwarna hitam.

Tim penyidik KPK tiba dan memasuki gedung KKP sejak pukul 10.45 WIB, Jumat (27/11). Hal itu berarti tim penyidik KPK melakukan penggeladahan sekitar lima belas jam lebih di dalam gedung KKP.

(aik/aik)