Pertamina Bayar Kompensasi Tumpahan Minyak ke Warga Kota Serang

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 14:17 WIB
Ragam upaya dilakukan untuk bersihkan tumpahan minyak di laut. Salah satunya memasang Oil Boom SL 25 untuk meminimalisir minyak yang terbawa arus tiba di pantai
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Tim Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan pembayaran kompensasi ke ratusan warga di Kabupaten & Kota Serang di Kantor BNI 46 Cabang Pasar Rau Kota Serang. Ratusan warga ini menerima kompensasi akibat terdampak tumpahan minyak sumur YYA-1 beberapa waktu lalu.

Corporate Secretary PHE Whisnu Bahriansyah menyampaikan pembayaran kompensasi dilakukan setelah tahapan uji petik, untuk mendapatkan informasi terkait validitas keabsahan data warga penerima kompensasi.

"Total ada 779 orang yang menerima kompensasi. Mereka menerima kompensasi setelah Tim PHE didampingi Tim Kelompok Kerja (Pokja) Kota Serang melakukan uji petik terhadap beberapa profesi penerima kompensasi," ujar Whisnu dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

"Uji petik tersebut melibatkan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Institut Pertanian Bogor (PPLH IPB), Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) dan Tim Kejaksaan Agung RI," imbuhnya.

Sebagaimana upaya pencegahan COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan, Tim PHE ONWJ melakukan pemeriksaan suhu tubuh, melaksanakan rapid test bagi seluruh peserta dan panitia, memastikan penyediaan sanitizer, penggunaan masker dan menjaga physical distancing.

Sebelumnya di bulan September 2020 PHE ONWJ telah melakukan pembayaran kompensasi final bagi masyarakat terdampak tumpahan minyak YYA di Kota Cilegon dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan pembayaran kompensasi di wilayah lain seperti Kabupaten Serang, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang akan dilakukan menyusul

Lihat juga video 'Minyak Tumpah di Karawang, Apa Langkah KLHK?':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)