Round-Up

Duduk Perkara Sepeda Seratusan Juta Edhy Prabowo Ikut Disita KPK

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 06:47 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.
Roadbike Edhy Prabowo yang disita KPK / Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sepeda seharga lebih dari Rp 100 juta mencuri perhatian publik setelah KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Begini duduk perkara sepeda yang disita KPK itu.

Seperti diketahui, Edhy Prabowo ditangkap KPK pada Selasa (24/11) jelang tengah malam di Bandara Soekarno-Hatta. Kala itu, dia baru saja pulang dari kunjungan di Amerika Serikat.

KPK akhirnya menetapkan Edhy Prabowo menjadi tersangka dugaan suap ekspor benur. Uang suap itu diduga dipakai oleh Edhy Prabowo untuk belanja barang-barang mewah saat berada di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

"Penggunaan belanja oleh EP dan IRW di Honolulu AS ditanggal 21 sampai dengan 23 November 2020 sekitar Rp 750 juta, di antaranya berupa jam tangan Rolex, tas Tumi dan LV, baju Old Navy," kata Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango.

Saat jumpa pers, KPK memamerkan sejumlah barang bukti dari kegiatan tangkap tangan ini. Ada wheelset sepeda beserta rangka yang masih terbungkus, jam tangan Rolex, hingga kartu ATM.

Sepeda yang disita KPK itu bukan sepeda biasa. KPK memang tidak merinci merk dan tipe sepeda itu. Namun dari foto yang ada, jenis hingga harga sepeda itu mulai bisa terungkap.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur. Foto: Rifkianto Nugroho

Edhy Prabowo juga akhirnya bicara soal sepeda yang disita itu. Dia mengakui sepeda itu kepunyaannya. Dia beralasan kepemilikan sepeda itu digunakannya untuk bermain.

Sementara itu, KPK menyebut sepeda itu dibeli Edhy Prabowo di luar negeri. Barang itu termasuk yang disita lembaga antirasuah tersebut.

Simak video 'Beli Sepeda Mewah dari Uang Suap, Edhy Prabowo: Untuk Saya Main':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya ada di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4