Round-Up

Duduk Perkara Sepeda Seratusan Juta Edhy Prabowo Ikut Disita KPK

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 06:47 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.
Roadbike Edhy Prabowo yang disita KPK / Foto: Rifkianto Nugroho

Roadbike Harga Seratusan Juta

Saat dipamerkan KPK, sepeda itu masih belum dirakit. Bagian rangka (frame) sepeda memang tidak terlihat jelas, kecuali hanya sedikit saja. Di belakang roda, teramati satu rangka putih bertulisan 'OUBA'. Kebetulan saja tulisan ini tertangkap mata kamera dan tidak tertutup plastik.

Bila merujuk pada potongan tulisan 'OUBA' di rangka sepeda ini, merek yang paling dekat dengan bunyi tulisan ini adalah 'Roubaix'. Sepeda dengan nama Roubaix adalah sepeda jalanan (roadbike) keluaran Specialized, perusahaan produsen sepeda asal Amerika Serikat (AS).

Untuk warna rangka, terlihat ada warna putih yang mendominasi di bagian 'seat stay' atau bagian rangka yang berdiri diagonal menopang tempat duduk dalam sepeda.

Petunjuk lain, ada warna merah yang terlihat di bagian 'headtube (rangka kepala) ', sebagian 'down tube (rangka yang melintang di bawah)', dan sebagian 'top tube (rangka yang melintang di atas)'. Jadi, warna rangka sepeda ini merah dan putih.

Di bagian roda, terlihat tulisan 'CLX 50'. CLX 50 adalah seri pelek dari Roval, nama lengkapnya Roval CLX 50. Untuk bagian ban, warnanya tidak semua hitam melainkan ada warna kuning di sampingnya. Ini adalah ban gumwall.

Bila mencermati ciri-ciri rangka berwarna putih dengan aksen merah bertulisan 'Roubaix', ditambah spesifikasi unit roda merek Roval CLX 50, maka ini serupa dengan spesifikasi sepeda keluaran Specialized dengan nama S-Works Roubaix-Shimano Dura-Ace Di2.

Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Repro detikcom, Antara, Specialized)Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Specialized)

Sepeda S-Works Roubaix-Shimano Dura-Ace Di2 ini dilabeli harga USD 11 ribu. Harga ini tertera di situs resmi Specialized. Bila dirupiahkan dengan kurs saat ini, jumlah tersebut setara dengan Rp 155.519.100,00.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4