Menteri LHK Siti Nurbaya Beri Beasiswa ke Anak Jurnalis Haidir Tanjung

Wilda Nufus - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 19:53 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Beri Beasiswa ke Anak Jurnalis Haidir Tanjung
Foto: Anak jurnalis Haidir Tanjung diberikan beasiswa oleh Menteri LHK Siti Nurbaya (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenteriLHK) Siti Nurbaya mengaku sangat kehilangan sosok jurnalis senior detikcom Haidir Anwar Tanjung yang meninggal dunia. Karena dedikasi Haidir, Siti Nurbaya kemudian memberikan beasiswa kepada dua anak Haidir sebagai bentuk penghargaan karena sang ayah telah peduli terhadap isu lingkungan hidup.

"Terakhir saya ingin menyampaikan juga secara pribadi, atas nama kementerian sampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga Bang Haidir. Saya sulit berkata-kata untuk ini. Oleh karena itu, saya ingin mengundang ke depan, putra Bang Haidir, Fikih dan Hafiz," kata Siti dalam acara bedah buku Bonita 'Hikayat Sang Raja' di Arboretum Lukito Daryati, Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2020).

"Saya mau berikan beasiswa karena standar pemerintah, Bung Aziz, beasiswa itu kalau untuk anak SD Rp 45 juta satu anak. Jadi saya ingin memberikan secara langsung," imbuhnya.

Selain itu, Siti juga menyebut pihaknya akan memberikan 500 buku Bonita 'Hikayat Sang Raja' kepada keluarga Haidir untuk dibagikan kepada para pembaca. Hal ini sebagai bentuk apresiasi KLHK kepada almarhum Haidir yang telah peduli di isu konservasi satwa langka.

"Minggu depan bukunya 500. Jadi saya ingin menyampaikan kepada keluarga bahwa 500 buku Bonita akan disampaikan nanti oleh dirjen kepada keluarga. Jadi 500 kepada keluarga tapi saya dilaporin yang ikut acara sampai 700, nanti tambah lagi," kata Siti.

Dalam kesempatan ini, Siti menyebut jurnalisme lingkungan sangat penting hadir di masa saat ini. Ia pun berterima kasih kepada almarhum Haidir telah menulis buku Bonita 'Hikayat Sang Raja' yang sarat akan makna.

"Yang kedua saya sangat berterima kasih ada yang seperti ini, bahwa jurnalisme lingkungan itu sangat penting. Saya berterima kasih," ungkapnya.

Lebih lanjut, Siti menyebut pihaknya akan mengajak seluruh elemen untuk berdiskusi terkait isu lingkungan dan kehutanan. Karena, kata Siti, jurnalisme kehutanan memiliki kekuatan penting untuk mendukung kepetingan bangsa.

Simak video 'Omnibus Law, Menteri LHK: Pertama Kali Perhutanan Sosial Masuk UU':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2