Ngeri Puting Beliung di Babel, Rumah Rusak-Balita Terbang Terbawa Angin

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 17:58 WIB
Kerusakan akibat puting belitung di Babel (dok. Istimewa)
Foto: Kerusakan akibat puting belitung di Babel (dok. Istimewa)
Bangka Belitung -

Seorang balita di Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel), terbang terbawa angin puting beliung. Balita berusia 1 tahun itu terbang hingga 5 meter.

"Kejadiannya di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok. Balita tersebut terbang terbawa angin (puting beliung) ketinggiannya sekitar 4 hingga 5 meter," kata Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa, saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Mikron mengatakan peristiwa itu terjadi pukul 21.30 WIB, Kamis (26/11) malam. Balita bernama Mahendra itu disebut sedang tertidur pulas.

"Bayi dalam keadaan tidur dan sedang tidak bersama orang tuanya. Pada saat itu angin berembus kencang (angin puting beliung) langsung mengangkat bayi tersebut ke atap," kata Mikron.

Mikron menyebut Mahendra bisa diselamatkan orang tua dan tetangganya. Akibat peristiwa itu korban mengalami luka di punggung.

"Korban ada luka lecet sedikit sekitar 1 cm di punggung atas, yang lainnya aman. Setelah tim datang ke lokasi kejadian korban langsung dibawa ke Puskesmas sempat muntah. Saat ini kondisi sudah membaik dan sudah di rumah," ujarnya.

Rumah korban mengalami kerusakan pada bagian atap. Saat ini, petugas sedang memperbaiki rumah tersebut.

Selain itu, hujan disertai angin kencang dan petir juga mengakibatkan 21 rumah warga di Kelurahan Tanjung rusak. Beberapa perkantoran dan fasilitas juga terdampak angin kencang.

"Untuk korban jiwa tidak ada, namun ada bayi yang terbang terbawa angin. Saat ini kawan TRC BPBD sedang memasang terpal di rumah yang terdampak," kata Mikron.

(haf/haf)