Respons Kapolda Metro soal Habib Rizieq yang Masuk Rumah Sakit

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 14:50 WIB
Kapolda Metro Irjen Fadil Imran jelaskan kasus kerumunan acara Habib Rizieq.
Kapolda Metro Irjen Fadil Imran merespons soal kondisi Habib Rizieq yang dirawat di RS. (Yogi Ernes/detikcom)

"Insyaallah. Kita sekarang hanya ingin, apa namanya.... Kita sedikit kelelahan. Banyak orang antusias nyambut yang salaman, yang nyium tangan, yang meluk, yang nyium," kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq menjelaskan sudah melakukan general checkup. Hasilnya, kata Habib Rizieq, bagus.

"Dan alhamdulillah hasil general checkup Abah insyaallah semuanya bagus," sebut Habib Rizieq.

"General check ini kita mencakup yang jantung, paru-paru, ginjal, hati, begitu juga ada asam urat, ada asam lambung, alhamdulillah. Sehat walafiat," sebut Habib Rizieq.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan Habib Rizieq Syihab telah bersedia menjalani tes COVID-19. Rencananya,swab test berlangsung pagi tadi.

"Tadi pagi kami mendapat respons bahwa beliau (Habib Rizieq) berkenan (di-swab), tetapi akan berkonsultasi dulu kepada dokter pribadinya yang akan datang dari Jakarta. Mudah-mudahan pagi ini, kalau tidak ada kendala, sudah bisa dilakukan PCR test," kata Bima, hari ini.

"Tetapi kami masih terus berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit UMMI, mudah-mudahan hari ini bisa dilakukan," ia menambahkan.

Bima menegaskan pelaksanaan swab terhadap Habib Rizieq, selain demi kesehatannya, juga untuk memastikan keselamatan tenaga medis yang bertugas di RS UMMI.

"Tadi malam saya meminta kepada pihak Rumah Sakit untuk meyakinkan keluarga bahwa harus melakukan PCR atau tes swab. Karena, pertama, untuk kesehatan Habib sendiri, supaya ada kepastian. Kedua, untuk keselamatan seluruh tenaga medis RS UMMI, dan ketiga ini mandat dari Undang-Undang Karantina Daerah," tutur Bima.

Halaman

(mei/fjp)