Daftar Klaster Corona Terbaru di Jakarta, Terbanyak Ada 62 Kasus

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 12:55 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan data terbaru klaster-klaster aktif virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Tahanan Polsek Penjaringan menjadi klaster dengan kasus aktif paling banyak di Jakarta.

Dilihat dari data di situs resmi milik Pemprov DKI, corona.jakarta.go.id, Kamis (27/11/2020), disampaikan data klaster dari kasus aktif dari 17 sampai 23 November 2020. Klaster dengan kasus paling banyak adalah tahanan Polsek Penjaringan dengan kasus aktif 62 kasus. Lalu, disusul oleh tahanan Polsek Tambora dengan 50 kasus aktif.

Kemudian, ada STIP Marunda Cilincing dengan 43 kasus aktif, Ombudsman RI dengan 25 kasus aktif, mes nakes Kepulauan Seribu dengan 20 kasus aktif, dan Rumah Tahfiz Bendungan Hilir dengan 20 kasus aktif.

Data tersebut tidak mencantumkan klaster kerumunan massa pendukung Habib Rizieq Syihab di Tebet, Jakarta Selatan, dan Petamburan, Jakarta Pusat. Menurut Dinas Kesehatan DKI Jakarta, soal 50 kasus positif di Tebet, dan 30 kasus positif di Petamburan tidak terkait dengan keramaian.

"50 di Tebet itu adalah kasus ada se-Kecamatan Tebet. Kasus aktif atau baru saya lupa, Tebet itu punya beberapa kelurahan. Bisa jadi, yang 50 itu kasus se-Kecamatan Tebet. Bukan berarti kaitannya dengan keramaian. Karena paling banyak (kasus aktif saat ini) dampak dari liburan," kata Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

"(Sedangkan 30 kasus Petamburan) itu kasus sekelurahan," katanya.

Saat ditanya soal ada-tidaknya klaster khusus kerumunan di Petamburan dan Tebet, Dwi menyebut Pemprov DKI masih tetap melakukan tracing berdasarkan kasus-kasus yang muncul. "Perinsipnya terus digali, tracing tetap dilakukan semaksimal mungkin untuk memutus rantai penularan. Jangan sampai ada penerusan dari si A ke si B, dan lainnya," kata Dwi.

Jika dilihat dari data Pemprov DKI Jakarta sampai 26 November, kasus aktif di Kecamatan Tebet sampai saat ini, terdapat 204 kasus aktif dengan 67 orang dirawat dan 144 orang isolasi mandiri. Sementara itu, di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, sebanyak 51 kasus aktif dengan 16 orang dirawat dan 35 orang isolasi mandiri.

(aik/imk)