Banjir Rendam 3 Kecamatan di Musi Rawas Utara Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 09:26 WIB
Banjir di Musi Rawas Utara (dok. Istimewa)
Banjir di Musi Rawas Utara (Foto: dok. Istimewa)
Musi Rawas Utara -

Tiga kecamatan di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan (Sumsel), terendam banjir. Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur selama sepekan terakhir.

Kepala Bidang Penanganan Bencana dan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan tiga kecamatan itu terendam banjir sejak kemarin. Ketiga kecamatan itu ialah Nibung, Rawas Ilir, dan Karang Dapu.

"Laporan banjir itu sampai 1 meter lebih, ya. Tetapi sudah mulai surut, lokasi itu adalah dataran rendah juga. Tak ada korban jiwa," kata Ansori kepada wartawan, Jumat (27/11/2020).

Ansori mengatakan banjir mencapai ketinggian 1 meter. Dia mengatakan masyarakat setempat enggan direlokasi meski sering kena banjir.

"Kondisi masyarakat sudah terbiasa. Jadi kalau hujan deras dan air pasang itu banjir, terendam. Sudah banyak upaya dilakukan, relokasi juga. Tapi masyarakat tidak mau," katanya.

BPBD telah menurunkan tim penyelamat ke tiga kecamatan. Tim dari BPBD juga disiagakan di berbagai wilayah rawan banjir.

"Petugas BPBD sejak masuk musim hujan sudah stand by. Kami khawatir ada banjir bandang, ini yang berbahaya karena akan merusak," katanya.

Ansori mengatakan warga di lokasi banjir masih bisa menjalani aktivitas. Namun warga harus menggunakan perahu untuk keluar dan masuk kampung.

"Masuknya air itu cepat, kalau hujan deras di Uli dan bersamaan pasang, sungai pasti banjir. Itu daerah-daerah yang sudah kami antisipasi setiap tahun, selalu kami jaga," katanya.

(ras/haf)