Pertamina Group Jadi BUMN Non-Tbk Terpopuler di Media Digital

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 23:48 WIB
Gedung Pertamina
Foto: dok Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) kembali menjadi BUMN non-Tbk paling populer di media digital tahun 2020 pada Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2020. Predikat tersebut dinobatkan oleh Humas Indonesia lewat siaran langsung, berdasarkan eksposur positif di media digital.

Bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia, anggota PR Indonesia tersebut melakukan monitoring pemberitaan ratusan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD pada 6.831 media lokal, 904 media nasional dan 2.218 media internasional serta media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube).

Menurut Asmono Wikan selaku Founder & CEO Humas Indonesia, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini penilaian kinerja kehumasan hanya dinilai dalam dua kategori, yakni Anugerah Pemerintah Daerah Terpopuler di Media Digital 2020 dan Anugerah Pemimpin Publik Terpopuler di Media Digital 2020.

"Walaupun masih pandemi, kami tetap mengapresiasi kinerja para pemimpin yang terus memberikan inovasi dan inspirasi bagi semua insan," ujar Asmono dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Dalam acara yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati turut mendapat penghargaan sebagai pemimpin BUMN Non-Tbk terpopuler di media digital 2020. Nicke dinilai mampu berperan sebagai sosok pemimpin yang menginsiprasi di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, tiga CEO anak perusahaan Pertamina juga dinobatkan sebagai pemimpin anak BUMN terpopuler di media digital 2020, antara lain Direktur Utama PT Pertamina Drilling Services Indonesia Budhi N Pangaribuan, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, dan Presiden Direktur PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Indra Baruna.

Pjs. Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari menyampaikan, penghargaan khusus yang diterima pada ajang AHI 2020 merupakan hasil sinergi yang baik antara seluruh praktisi humas Pertamina Group dengan media massa nasional. Pencapaian yang diraih Pertamina Group ini menjadi kesempatan untuk mengukur capaian kinerja humas di mata para pemangku kepentingan.

Apresiasi yang diterima sekaligus menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia mengetahui kiprah Pertamina Group untuk bangsa ini lewat pemberitaan di berbagai kanal media.

"Prestasi yang kami terima sekarang menjadi cambuk bagi kami, praktisi humas di Pertamina Group untuk terus mempertahankan kinerja kehumasan yang sudah bagus di mata stakeholders, bahkan berupaya meningkatkan di masa yang akan datang," tuturnya.

(prf/ega)