Total 5 Perampok Ngaku Petugas Kelurahan di Jakbar Ditangkap, 2 Ditembak

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:41 WIB
Polisi tangkap komplotan perampok ngaku petugas kelurahan di Jakbar
Polisi tangkap komplotan perampok ngaku petugas kelurahan di Jakbar (Luqman Nurhadi/detikcom)
Jakarta -

Satreskrim Polres Jakarta Barat menangkap 5 pelaku perampokan tergabung dalam Geng Pandawa dengan modus pura-pura sebagai petugas kelurahan di Cengkareng, Jakarta Barat. Sebanyak 2 dari 5 pelaku ditembak polisi karena mencoba melawan.

Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru mengatakan peristiwa ini terjadi pada Kamis (12/11) sekira pukul 10.15 WIB. Lima pelaku yang ditangkap adalah JF alias Pandawa, FH, S, RH, dan M.

Audie mengatakan para pelaku mengaku sebagai petugas kelurahan saat beraksi. Ketika korban dikelabui, pelaku masuk ke rumah korban dan mengambil barang berharga.

"Mereka mengaku sebagai petugas ada petugas pengukur tanah, mengaku petugas COVID, dan sebagainya. Kemudian datang ke rumah sasaran mereka kemudian tuan rumah diajak ngobrol dan saat yang sama teman-temannya melihat situasi tuan rumah lengah langsung masuk ke dalam dan mencari barang-barang berharga untuk dibawa kabur" kata Audie di Mapolres Jakarta Barat, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Kamis (26/11/2020).

Sebanyak 3 dari 5 pelaku merupakan residivis atas kasus yang sama. Pelaku FH dan M bahkan ditembak polisi karena mencoba melawan saat ditangkap.

"Mereka berhasil diamankan 5 orang, 2 di antaranya pada saat diamankan mencoba melawan petugas dan karena keselamatan petugas terancam dilakukan tindakan tegas terukur. Lima ini kita beri inisial JF alias Pandawa, FH, S, RH, M," kata Audie.

Audie juga menyebut pelaku sudah beraksi di 24 TKP. Para pelaku ditangkap di 4 lokasi berbeda.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2