Panglima TNI Kirim 59 Ekor Babi ke Papua, Ikut Meriahkan Upacara Bakar Batu

Saiman - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 14:00 WIB
Kiriman 59 ekor babi untuk Upacara Bakar Batu memperingati Nataru
Kiriman 59 ekor babi untuk upacara bakar batu memperingati Nataru (Saiman/detikcom)
Timika -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengirim 59 ekor babi ke Papua. Puluhan babi itu diberikan Hadi untuk memeriahkan upacara bakar batu dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru (Nataru).

"Tentu saja ini inisiasi dari Panglima TNI untuk bantuan warga sebagai sarana acara bakar batu, sebagai kearifan lokal," kata Aspotwil Kogabwilhan III Brigjen Dadang Rukhiyana saat ditemui di apron Bandara Mozes Kilangin, Timika, Kamis (26/11/2020).

Brigjen Dadang, yang juga ketua panitia pelaksana kegiatan, mengatakan puluhan babi tiba di Timika pukul 08.30 WIT. Sebanyak 59 ekor babi itu diangkut menggunakan pesawat Hercules.

Babi-babi itu akan didistribusikan ke beberapa wilayah pedalaman, seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak Jaya, dan Timika. Dadang menambahkan Hadi berencana mengunjungi Bumi Cenderawasih dalam rangka persiapan menyambut Nataru.

"Dalam waktu dekat ya, untuk tanggalnya belum pasti," tambah Dadang.

Dadang menyampaikan Hadi akan melakukan beberapa agenda, salah satunya bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dari berbagai wilayah di Papua. Pertemuan rencananya berlangsung di Timika.

Kiriman 59 ekor babi untuk Upacara Bakar Batu memperingati NataruKiriman 59 ekor babi untuk upacara bakar batu memperingati Nataru. (Saiman/detikcom)

(aud/aud)