Dorong Pariwisata Gorontalo, MPR Minta Pemda Perkuat SDM

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 14:03 WIB
Fadel Muhammad
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta para kepala daerah di Gorontalo memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan daya saing daerah. Fadel berpendapat kualitas SDM merupakan kunci penentu kemajuan suatu daerah di berbagai bidang.

Ia mengatakan, tanpa SDM kompeten, daerah yang dikaruniai kekayaan alam dengan hasil tambang atau potensi wisata alam yang begitu besar tidak akan bisa dikelola dengan baik dan tidak menghasilkan bagi masyarakat. Sebaliknya, daerah yang minim kekayaan alam tapi memiliki SDM kuat menurut Fadel bisa lebih maju karena potensi alam yang sedikit itu akan terkelola secara maksimal.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara 'Temu Tokoh Nasional Dan Silaturahim Keluarga Besar Lamahu' dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR dengan Masyarakat Ekonomi Indonesia, di Ballroom Hotel Harris, Tebet, Jakarta, Rabu (25/11).

Fadel mengulas, Gorontalo punya memiliki potensi alam dan budaya yang dapat dikembangkan untuk pariwisata. Namun, karena pengelolaan yang belum maksimal, potensi tersebut belum terlihat dengan jelas.

"Jika SDM-nya unggul, maka potensi-potensi alam tersebut akan terus digali serta dikembangkan secara profesional untuk lebih menarik wisatawan domestik dan mancanegara datang ke Gorontalo," ungkap Fadel.

Fadel mengutarakan, saat menjadi Gubernur Gorontalo dalam dua periode, ia menetapkan tiga hal yang menjadi titik fokus dalam upayanya memajukan daerahnya yakni pengembangan SDM, Pertanian, dan Perikanan.

"Perikanan dan pertanian sudah saya kembangkan bahkan hasil produksi jagung menjadi kebanggaan Gorontalo karena mampu menghasilkan lebih dari 1 juta ton. Dua hal itu menurut saya sudah berhasil, tapi bidang SDM itu masih kurang. Makanya, saya rajin mendorong kepala daerah yang sekarang untuk melanjutkan itu," urai Fadel.

Ia menjabarkan, di masa baktinya sebagai gubernur ada beberapa program yang dijalankan untuk pengembangan SDM, seperti peningkatan kualitas lembaga pendidikan. Hal itu diwujudkan dengan merubah status IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo.

"Upaya tersebut sangat tidak mudah tapi saya jalani demi peningkatan kualitas pendidikan generasi muda," ungkap Fadel.

Langkah lainnya adalah dengan mengirimkan anak-anak usia SMP dan SMA untuk melanjutkan sekolah.

"Waktu itu, saya pilih anak-anak yang pintar-pintar terutama yang ekonomi lemah, saya sekolahkan di Jakarta," imbuh Fadel.

Ia menekankan, peningkatan kualitas SDM tak ubahnya investasi bagi suatu daerah. Sebab, SDM berkualitas akan menopang kemajuan daerah.

"Saya tegaskan, tidak akan rugi daerah melakukan program-program peningkatan SDM. Sebab, hasilnya akan bertahan lama dan dampak positif buat daerah sangat luar biasa besar di kemudian hari," kata Fadel.

(mul/ega)