Nadiem Izinkan Sekolah Buka Januari 2021, Pedagang Seragam Harap Lebih Cepat

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 12:36 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperbolehkan sekolah tatap muka dimulai pada Januari 2021. Hal ini disambut baik oleh pedagang seragam sekolah di Medan.

Salah seorang pedagang seragam, Viktor, berharap sekolah dibuka lebih cepat. Dia mengatakan dagangannya tak laku karena sekolah melakukan belajar daring selama pandemi.

"Saya sendiri sebagai pedagang seragam sekolah berharap secepatnya dibuka, karena kita kadang nggak buka dasar gitu, kadang cukup-cukup makanlah. Padahal banyak kali biaya yang kita tanggulangi. Secepatnya dibuka tapi dengan protokol kesehatan," kata Viktor, Kamis (26/11/2020).

Viktor menyebut penghasilannya merosot tajam akibat pandemi Corona. Dia menyebut pernah tak ada pembeli sama sekali dalam satu hari.

"Kalau penghasilan pasti drop. Merosot total. Nggak ada pemasukan, kadang-kadang nggak buka dasar," ujar Viktor.

Dia mengaku sempat mendatangi pihak sekolah untuk menawarkan seragam baru. Namun pihak sekolah masih enggan memesan karena menunggu arahan pemerintah.

Pedagang lainnya, Endang, juga berharap sekolah dibuka secepatnya. Dia mengatakan sekolah harus dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Ya harapannya kalau bisa sekolah dibuka, tapi tetap protokol kesehatannya dibuat," kata Endang.

Tonton juga video 'Sekolah Tatap Muka Dibolehkan Januari 2021, Siapa yang Menentukan?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2