Bicara Keteladanan, Jokowi Minta MUI Kawal Program Vaksinasi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 21:39 WIB
Presiden Jokowi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 Tahun 2020 yang digelar di Sumbar (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal keteladanan dan langkah MUI turut mencegah penularan virus Corona (COVID-19). Jokowi pun meminta MUI mengawal program vaksinasi.

"Saya mohon MUI juga dapat membantu mengawal program vaksinasi yang akan segera kita lakukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi pandemi, agar kesehatan masyarakat cepat pulih dan ekonomi bisa bangkit kembali," kata Jokowi saat membuka Munas ke-10 MUI melalui rekaman video, Rabu (25/11/2020).

Jokowi mengatakan pemerintah saat ini mengerahkan semua sumber daya untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, termasuk menyeimbangkan penanganan kesehatan dan ekonomi. Jokowi pun mengapresiasi langkah MUI mengeluarkan fatwa yang menjamin keamanan beribadah umat Islam di masa pandemi ini.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi pada langkah responsif MUI dalam mencegah penularan COVID-19 dengan menyusun sejumlah fatwa dan panduan beribadah untuk memastikan keamanan dan kemudahan umat saat beribadah. Fatwa-fatwa yang sangat kontekstual senapas dengan prinsip-prinsip kemaslahatan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, MUI konsisten dalam menyuarakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, termasuk saat beribadah dan berdakwah. Jokowi menyebut keterlibatan MUI bisa menjadi teladan yang baik dan meringankan tugas pemerintah.

"Mengutamakan keselamatan jiwa di tengah ancaman pandemi merupakan prinsip kemaslahatan syariat Islam. Keterlibatan aktif MUI untuk mengajak umat disiplin menjalankan protokol kesehatan akan menjadi teladan yang baik," ungkap Jokowi.

"Dan dengan keteladanan para ulama, para habaib, dan tokoh agama, tokoh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, insyaallah tugas berat pemerintah akan menjadi semakin ringan," sambungnya.

(azr/jbr)