Anita Kolopaking: Pinangki Bisik-bisik 'Djoko Tjandra Mau Kasih USD 500 Ribu'

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 19:34 WIB
Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking (baju batik dan kerudung hitam) sebelum dijebloskan ke rutan Bareskrim.
Eks pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking (baju batik dan kerudung hitam). (Istimewa)
Jakarta -

Anita Dewi Anggraeni Kolopaking mengaku pernah dibisiki oleh Pinangki Sirna Malasari terkait fee USD 500 ribu dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Anita mengatakan Pinangki mengaku akan mendapat uang dari Djoko Tjandra melalui Andi Irfan Jaya.

"Waktu kami makan malam di restoran Jepang, cuma bisikkan saya bahwa 'Bu Anita, nanti besok Bapak akan bayar melalui Andi Irfan Jaya', baik, saya bilang," kata Anita saat bersaksi dalam sidang kasus fatwa Mahkamah Agung (MA) di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2020).

Anita mengatakan saat itu Pinangki mengatakan pada 25 November 2019. Setelah Pinangki mengatakan itu, keesokan harinya Djoko Tjandra mengatakan akan menyerahkan fee lawyer Anita melalui Andi Irfan Jaya.

"Tanggal 26 November 2019 pagi Bapak ngomong kami (Pinangki, Anita, Andi Irfan), Bapak bilang, 'Anita, sudah ya, nanti kamu saya titip ke Andi Irfan Jaya aja ya, sudah beres'. Jadi saya percaya," kata Anita.

Anita menyebut fee lawyer yang disepakati dengan Djoko Tjandra sebesar USD 400 ribu. Dengan rincian hak USD 200 ribu dan success fee USD 200 ribu.

"Apakah waktu itu Saudara Terdakwa bisikkan ke Saudara pelan, 'Bapak akan kasih USD 500 ribu, nanti saya kasih legal fee ya', benar?" tanya jaksa.

"Bilangnya, 'Bapak mau bayar legal fee kamu. Bapak akan kasih USD 500 ribu legal fee'," kata Anita.

Selanjutnya
Halaman
1 2