Yang Perlu Diketahui soal Penangkapan Menteri Edhy Prabowo Sejauh Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 16:06 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Foto: Muhammad Ridho)

- Status Edhy Prabowo Masih Terperiksa

Edhy Prabowo saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif di KPK sebelum nantinya ditentukan status hukumnya.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyelidik KPK. KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan sikap," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (25/11).

- Penyidik KPK Sambangi Kantor dan Rumah Dinas Edhy Prabowo

Dua unit mobil KPK menyambangi gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pukul 13.00 WIB. Di sana tim penyidik KPK sempat dihalangi petugas keamanan kantor karena ditahan untuk masuk.

Tim KPK juga menyambangi rumah dinas Edhy Prabowo di di Jalan Widya Chandra V No 26, Jakarta Selatan. Mobil itu datang pukul 14.55 WIB. Sampai di depan rumah dinas, dua mobil berpelat B-2230-UKB dan B-2253-UFK langsung masuk ke halaman rumah.

Dua mobil itu sempat berhenti dan berbincang kepada petugas keamanan beberapa saat dan langsung masuk ke dalam. Tidak diketahui pasti jumlah orang yang datang. Namun yang jelas terlihat ada lebih dari tiga orang.

- Jokowi Hormati Proses Hukum

Mengenai penangkapan Edhy Prabowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati proses hukum yang berjalan. Jokowi juga percaya akan transparansi KPK.

"Kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Saya percaya KPK bekerja transparan, terbuka, dan profesional," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/11).

Jokowi yakin KPK bekerja secara profesional dan transparan. Dia juga menegaskan dukungan pemerintah terhadap upaya pemberantasan korupsi.

"Pemerintah konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," ujar Jokowi.

Halaman

(dkp/dkp)