KPU Sortir 599.685 Surat Suara Pilwalkot Makassar, 6.274 Surat Suara Rusak

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 15:16 WIB
KPU Makassar sortir surat suara Pilwalkot Makassar.
KPU Makassar menyortir surat suara Pilwalkot Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mulai menyortir surat suara di Pilwalkot Makassar. Hasilnya, ada 6.274 surat suara yang rusak.

"Jadi ini proses sortir yang hari keempat dan target hari ini selesai rampung. Berdasarkan hasil rekap sampai tadi malam, kita sudah sortir 599.685 lembar, ada 6.274 yang tidak layak atau rusak," kata Sekretaris KPU Kota Makassar Asrar Marlang saat ditemui di gedung Celebes Convention Center (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (25/11/2020).

Asrar menjelaskan rata-rata surat suara Pilwalkot Makassar mengalami kerusakan di sejumlah bagian. Umumnya rusak seperti sobek, kotor akibat tinta, hingga foto pasangan calon tidak jelas.

"Jadi cacat karena sobek untuk pasangan calon, foto pasangan calon tak jelas, gambar salah cetak, lain sisi tak jelas, ada beberapa juga tidak layak dipakai.
Mungkin saja sobek di posisi pasangan calon, tapi itu bukan tercoblos," jelasnya.

Maka dari itu KPU akan segera melaporkan temuan surat suara Pilwakot Makassar yang tak layak itu. Ribuan surat suara ini kemudian diminta untuk diganti.

"Kita harapkan hari ini selesai dan kita lakukan rekap untuk laporan ke penyedia untuk pergantian surat suara," tegasnya.

KPU Kota Makassar menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilwalkot Makassar 2020 sebanyak 901.087 pemilih. Jumlah DPT itu mengalami penurunan jika dibanding pada Pilwalkot 2018 dan Pemilu 2019.

Sementara itu, empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali kota Makassar yang ditetapkan KPU adalah Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman), Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN), dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid (IMUN).

Simak juga video 'Jokowi Minta Mendagri-Kapolri Beri Penanganan Khusus Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)