Demo RUU PKS di DPR, Puluhan Perempuan Gelar Ratusan Pasang Sepatu

Taufieq Renaldi Arfiansyah, Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:37 WIB
Demo massa mendesak DPR sahkan RUU PKS
Massa demo menggelar ratusan pasang sepatu sebagai bentuk dukungan agar DPR segera sahkan RUU PKS.Foto: (Taufieq/detikcom)
Jakarta -

30 Perempuan melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, mendesak agar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) disahkan. Massa menggelar ratusan pasang sepatu dalam aksi tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (25/11/2020) pukul 11.30 WIB, ada puluhan perempuan yang aksi di depan DPR. Ratusan pasang sepatu berbagai jenis digelar di depan Gedung DPR.

Sementara lalu lintas di lokasi terpantau ramai lancar. Kendaraan dari arah Cawang ke Slipi mengalir dengan lancar tanpa ada hambatan.

Demo massa mendesak DPR sahkan RUU PKSDemo massa mendesak DPR sahkan RUU PKS Foto: (Taufiek/detikcom)

Demo ini diinisiasi oleh sejumlah perempuan pekerja perusahaan kosmetik. Massa membawa sepatu milik sebagai simbol dukungan dari penyintas kekerasan seksual dan pendukung.

"Jadi hari ini, ini adalah sepatu-sepatu yang dikirim dari seluruh Indonesia. Ini ada sekitar 500-an lebih sepatu pendukung dan penyintas, jadi ada yang mendukung aksi ini dan juga ada yang memang si korban dari kekerasan seksual," ujar PR The Body Shop Indonesia Ratu Om Maya di lokasi.

Ratu menjelaskan, tanggal 25 November ini adalah momentum Hari Anti Kekerasan. Para pekerja perusahaan kosmetik memanfaatkan momentum ini untuk mendesak agar DPR segera mengesahkan RUU PKS.

"Jadi kita mau pakai hari ini untuk hadir di depan DPR, meminta untuk Komisi VIII itu memasukkan rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual, masuk ke dalam prolegnas dan disahkan segera," ujar Ratu.

Angka kekerasan terhadap perempuan masih tinggi. Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2