Kecelakaan Kapal Tongkang di Sungai Musi, Nakhoda Ditemukan Tewas

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 11:24 WIB
Polisi saat mengecek kapal tenggelam (Raja-detikcom)
Foto: Polisi saat mengecek kapal tenggelam (Raja-detikcom)
Palembang -

Kecelakaan kapal penarik tongkang terjadi di perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Nakhoda kapal, Safarudin, ditemukan tewas.

Kecelakaan terjadi di perairan Sungai Musi dekat pada Selasa (24/11) malam. Saat itu, Kapal TB Atlas yang menarik tongkang oleng dan tenggelam pada pukul 21.30 WIB.

"Dini hari sekitar pukul 03.30 WIB kami di Pos 30 ilir mendapat laporan masyarakat telah terjadi laka air tunggal. TB Atlas yang menarik tongkang Brawijaya dan melintas di seputaran Pusri oleng," kata Kepala Pos Sandar 30 Ilir, Dit Polairud Polda Sumsel, Bripka AM Siregar, Rabu (25/11/2020).

Siregar mengatakan kapal berlayar dari Selat Ajaran menuju Pegayut. Namun, saat itu cuaca dalam keadaan hujan lebat dan angin kencang.

"Tiba-tiba dari sebelah kiri TB Atlas angin kencang dan menyebabkan TB Atlas oleng ke kanan dan seketika kapal mulai terisi air dan dari kamar mesin sudah penuh dengan air. Tidak lama kemudian TB Atlas tenggelam," katanya.

Usai kejadian itu, nakhoda kapal Safarudin hilang dan ditemukan pagi ini tak jauh dari lokasi. Safarudin kemudian ditemukan meninggal dunia.

Sementara tiga anak buah kapal, Alex (36), Beni (35) dan Densi (48) ditemukan dalam kondisi selamat. Ketiganya kini ditangani tim medis dengan dibantu petugas Polair.

(ras/haf)