Komnas HAM: Millen Cyrus Lebih Aman Ditahan di Sel Perempuan

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 06:55 WIB
Millen Cyrus ditangkap terkait dugaan narkoba (Dok. Istimewa)
Foto: Millen Cyrus ditangkap terkait dugaan narkoba (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Penahanan selebgram Muhammad Millendaru Prakasa alias Millen Cyrus di sel pria menjadi perdebatan. Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, menyebut Millen lebih aman bila ditahan di sel wanita.

"Kalau dia ditaruh di sel perempuan apakah aman? Iya lebih aman, ia lebih aman daripada ditaruh di sel laki-laki. Oleh karenanya memang ada baiknya ditaruh di sel perempuan," ujar Choirul Anam kepada detikcom, Selasa (24/11/2020).

Menurut Choirul, ada sejumlah risiko bila Millen ditahan di sel laki-laki. Risikonya, kata Choirul, berupa ketidaknyamanan.

"Dampaknya dia tidak merasa aman, yang kedua kalau tidak ada jaminan dari kepolisian bahwa penghuni tahanannya yang lain tidak terganggu," tutur Choirul.

Choirul AnamChoirul Anam (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Choirul menyebut justru tidak berisiko bila Millen ditahan di sel perempuan. Choirul turut menyinggung masalah orientasi seksual.

"Kalau itu urusan kodrat sejak lahir (Millen) memiliki alat kelamin laki-laki tetapi jiwa dan tubuhnya itu sejak kecil itu adalah jiwa perempuan, ya nggak bisa dia suka pada perempuan, sukanya pada laki-laki, karena orientasi seksualnya adalah orientasi yang suka pada laki-laki," ungkap Choirul.

"Jadi lebih aman bila ditaruh di perempuan," tegas Choirul.

Diberitakan sebelumnya, Millen ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Utara. Millen diamankan bersama seorang pria berinsial J. Dari kasus narkoba yang menjerat Millen, polisi menyita barang bukti berupa satu alat isap sabu atau bong, sebotol minuman keras, dan sabu seberat 0,36 gram.

Millen ditahan di sel pria karena penahanan dilakukan dengan merujuk pada jenis kelamin yang tertera di identitas Millen.

"Ya (Millen akan ditempatkan di sel) sesuai dengan jenis kelamin yang tertera di KTP-nya, ya. Ya sementara di KTP-nya beliau, laki-laki," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta, Senin (23/11).

Simak juga video 'Terancam Ditahan di Sel Pria, Millen: Kalo Bisa Sih Jangan':

[Gambas:Video 20detik]



Polisi masih menampung saran terkait penahanan Millen Cyrus. Simak di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2