Polri Selidiki Kasus Cuitan Akun @ustadzmaaher_ yang Diduga Hina NU

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 19:38 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Foto: dok. Divisi Humas Polri
Jakarta -

Bareskrim Polri menyelidiki kasus dugaan penghinaan terhadap kiai Nahdlatul Ulama (NU) Habib Luthfi bin Yahya yang diunggah akun Twitter @ustadzmaaher_. Polri mengatakan saat ini tim penyidik sedang mencari ada-tidaknya unsur pidana dari cuitan tersebut.

"Penyidik masih melakukan penyelidikan, penyelidikan itu ya banyak hal terkait dengan konten itu biasanya di sampaikan kepada ahli, ditunjukkan kepada ahli, ini masuk unsur atau tidak," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2020).

Awi menuturkan konten cuitan dalam akun Twitter @ustadzmaaher_ akan dibawa ke laboratorium digital forensik. Bila ditemukan adanya unsur pidana, akan naik ke penyidikan.

"Konten bisa dimasukkan ke ahli laboratorium forensik, khususnya digital forensik, bagaimana masuk atau tidak unsur-unsur, sehingga proses itulah nanti digelar. Kalau memang bisa, siap naik sidik, langsung dilakukan. Kita tunggu saja," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, pemilik akun @ustadzmaaher_ dilaporkan ke Bareskrim Polri. Ia dilaporkan atas dugaan terhadap kiai Nahdlatul Ulama (NU) Habib Luthfi bin Yahya.

"Iya betul, di Bareskrim Mabes Polri (laporannya)," ujar Muannas Alaidid selaku kuasa hukum pelapor saat dihubungi wartawan, Senin (16/11).

Muannas menjelaskan pihaknya melaporkan pemilik akun @ustadzmaaher_ atau Ust.Maaher At-Thuwailidi Official soal cuitannya 'cantik pakai jilbab kaya kiai Banser'. Muannas menyebut cuitan Maaher At-Thuwailibi itu merupakan sebuah penghinaan.

Lihat juga video 'Heboh Video TikTok Remaja di Bali Diduga Hina Islam, Berujung Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2