Pria Bawa Bendera Panjat Tiang Reklame di Mabes Polri, Dievakuasi Damkar

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 13:29 WIB
Seorang pria memanjat tiang reklame di lapangan Mabes Polri.
Seorang pria memanjat tiang reklame di lapangan Mabes Polri. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang pria nekat memanjang tiang reklame yang ada di lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Pria itu kini telah dievakuasi oleh petugas Damkar.

Dalam rekaman video yang diterima detikcom, Selasa (24/11/2020) pria yang mengenakan baju biru dan ikat kepala merah-putih itu memanjat tiang reklame dan mengibarkan bendera Merah-Putih yang diikatkan pada sebuah tongkat. Peristiwa itu diketahui terjadi pagi tadi.

Pria itu juga membawa sebuah poster. Poster tersebut bertulisan 'Jokowi-Amin anti partai politik korup=Komunis/Kapitalis'.

Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Mulat Wijayanto memaparkan pihaknya mendapat laporan ada seorang pria memanjat tiang reklame di lapangan Mabes Polri sekitar pukul 08.01 WIB hari ini. Tak berselang lama, petugas Damkar tiba dan langsung mengevakuasi pria tersebut.

"Mulai pukul 08.03 WIB, unit tiba di lokasi dan petugas langsung berusaha membujuk pria tersebut untuk turun," kata Mulat dalam keterangannya, hari ini.

Proses evakuasi disebut Mulat berlangsung satu jam. Menggunakan Bronto Skylift, pria tersebut akhirnya bisa dievakuasi dan dibawa turun.

"Pukul 09.15 WIB petugas Damkar DKI dan Polri berhasil mengevakuasi pria tersebut untuk turun. Evakuasi dilakukan dengan unit Bronto Skylift," ujarnya.

Belum diketahui identitas pria yang memanjang tiang reklame itu. Menurut Mulat, setelah dievakuasi, pria tersebut langsung dibawa untuk diperiksa polisi.

"Selanjutnya pria tersebut dibawa oleh pihak berwajib untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

(azr/azr)