Jelang Pilkada, Polres Sumbawa Barat Luncurkan Lomba TPS MARASS

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 09:35 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Kepolisian Resort Kabupaten Sumbawa Barat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap tingkat TPS, dilanjutkan dengan me-launching lomba TPS MARASS dan Pengamanan TPS.

Di masa pandemi Covid-19 yang bersanding dengan Pemilukada 2020 di Kabupaten Sumbawa Barat, Polres Sumbawa merilis TPS Mandiri, Akuntabel, Rasional, Aman, Sehat, dan Sukses atau disingkat MARASS.

"TPS MARASS ini harapannya nanti, bertujuan agar seluruh elemen masyarakat di Sumbawa Barat untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa Barat di masa Pandemi Virus Corona ini. Tentu saja dengan segenap persiapan dan kesiapan Kepolisian yang di bantu TNI beserta instansi terkait yang mendukung adanya TPS MARASS," ujar Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono melalui Paur Subbag Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Edi Sobandi Adireja, Selasa (24/11/2020).

Tidak sampai di situ, rangkaian peluncuran TPS MARASS juga didukung simulasi penghitungan surat suara, penggunaan sirekap tingkat TPS, sekaligus Pengamanan TPS dalam Pilkada 2020, lebih khusus di Kabupaten Sumbawa Barat.

Terkait hal ini, komisioner KPU pun ikut berkomentar, "Kami melaksanakan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara sebagai edukasi kepada masyarakat Kab. Sumbawa Barat," tuturnya. Nantinya, pelayanan optimal serta edukasi akan diberikan oleh KPU, selaku tim penyelenggara TPS MARASS. Tidak hanya kepada Masyarakat Sumbawa Barat, tapi juga kepada anggota KPU itu sendiri.

Kegiatan peluncuran TPS MARASS turut mendapat apresiasi dari Kepala Dinas yang nantinya akan memberikan dampak baik kepada pemilihan kepada daerah tahun ini. Diharapkan, TPS MARASS dapat menjadi pemutus klaster baru penyebaran Covid-19 di tanah pariri lema bariri. "Diharapkan dalam pemilukada 2020 diwilayah Kab. Sumbawa Barat tidak ada klastes baru pilkada. Kami juga akan memberikan hadiah bagi pemenang lomba TPS nantinya," pungkas Kapolres Sumbawa Barat Herman.

(ega/ega)