Satpol PP Copot Spanduk 'HMI Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq' di Medan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 20:17 WIB
Satpol PP tertibkan spanduk HMI Siap Kawal Habib Rizieq di Medan (dok. Istimewa)
Satpol PP tertibkan spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' di Medan. (Foto: Istimewa)
Medan -

Satpol PP Medan mencopot spanduk 'Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq' yang terpasang di beberapa titik di Medan. Spanduk itu dipasang Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 18.12 WIB, Senin (23/11/2020), spanduk yang sempat terpasang di Jalan SM Raja simpang Jalan Turi dan dekat Masjid Raya Medan sudah tak ada.

Sekretaris Satpol PP Kota Medan, Rakhmat, mengatakan spanduk tersebut telah ditertibkan oleh pihaknya. Dia tak menjelaskan detail alasan spanduk itu ditertibkan.

"Sudah kita tertibkan," kata Rakhmat.

Lokasi tempat spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' sempat terpasang (Datuk Haris-detikcom)Lokasi tempat spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' sempat terpasang. (Datuk Haris/detikcom)

Sebelumnya, spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' terpasang di beberapa lokasi sejak sekitar pukul 08.40 WIB, Senin (23/11). Antara lain di Jalan SM Raja simpang Jalan Turi serta Jalan SM Raja simpang Jalan Masjid Raya Medan.

"HMI siap kawal kedatangan Habib Rizieq di Sumut," tulis isi spanduk.

Ada logo Badko HMI Sumut serta foto Habib Rizieq di spanduk tersebut. Ada juga tanda pagar siap kawal ulama dan Medan kawal ulama tertulis di spanduk itu.

Satpol PP tertibkan spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' di Medan (dok. Istimewa)Satpol PP menertibkan spanduk 'HMI Siap Kawal Habib Rizieq' di Medan. (Foto: Istimewa)

Ketua Umum Badko HMI Sumut Alwi Hasbi Silalahi membenarkan bahwa pihaknya yang memasang spanduk tersebut. Dia mengatakan spanduk itu dipasang karena sebelumnya ada spanduk yang menolak kedatangan Habib Rizieq.

"Memang kami yang pasang. Kemarin kan ada yang bikin itu tolak kedatangan Habib Rizieq, bahkan ada yang demo kan. Di sini kami mau sampaikan kalau ada yang tolak, kami yang kawal Habib Rizieq," kata Hasbi

(haf/haf)