Anies Baca 'How Democracies Die', Golkar: Terjemahkan, Bukan Sekadar Wacana

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 14:46 WIB
Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily (Azizah-detikcom)
Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily (Azizah/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 'pamer' membaca buku berjudul 'How Democracies Die' yang diunggahnya di akun media sosial. Partai Golkar meminta Anies bisa menerjemahkan buku yang dibacanya menjadi kerja nyata.

"Bagus saja seorang gubernur rajin membaca buku, termasuk buku 'How Democracies Die'. Yang penting kan, setiap orang harus memiliki komitmen yang kuat agar tetap mempertahankan dan menegakkan demokrasi dalam kehidupan politik kenegaraan kita," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

"Membaca buku, bukan hanya untuk dibaca, tetapi juga diterjemahkan ke dalam kerja-kerja konkret dan bukan sekadar wacana," imbuhnya.

Ace kemudian menceritakan sekilas isi buku tersebut. Dia mengatakan semua pihak berkomitmen memegang teguh demokrasi.

"Komitmen kita sangat kuat untuk menegakkan demokrasi di negara Indonesia. Sebagaimana termaktub dalam buku tersebut, buku ini secara sekilas menjelaskan tentang bagaimana demokrasi terancam dalam di era pemerintah Trump," ujarnya.

Menurut Ace, demokrasi bukan hanya terkait sebuah institusi. Tapi juga, kata dia, menyangkut nilai di dalamnya, yakni soal toleransi dan perbedaan.

"Demokrasi itu bukan hanya soal kelembagaan, tetapi juga soal democratic values, nilai-nilai kebajikan yang menopang bagi tumbuh kembangnya demokrasi, antara lain nilai-nilai toleransi, menghargai perbedaan dan pengakuan terhadap multikulturalisme," ucapnya.

Lebih lanjut, menurut Ace, demokrasi jauh dari nilai-nilai politisasi golongan dan agama tertentu. Dia juga menyinggung soal pelanggaran aturan yang sudah disepakati.

"Komitmen untuk menegakkan demokrasi itu juga harus diiringi dengan menyemai nilai-nilai demokrasi, bukan membakar demokrasi dengan politisasi SARA dan membiarkan kekerasan verbal maupun fisik atas nama agama, dan melanggar aturan yang disepakati bersama," ujarnya.

Apa isi buku 'How Democracies Die' yang dibaca Anies? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2