Jokowi Minta Kepastian Vaksin Corona Sampai di RI: Mestinya Sudah Pembayaran

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 10:38 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) usai  meninjau simulasi  pemberian vaksinasi COVID-19,  di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau satu persatu tahapan simulasi pemberian vaksin COVID-19, dan juga meminta pada saat pemberian vaksinasi nanti lebih sempurna sehingga aman, cepat dan memperhatikan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Presiden Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi Corona. (Yulius Satria Wijaya/Antara Foto)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta laporan soal kesiapan vaksinasi Corona (COVID-19) saat memimpin rapat terbatas pagi ini. Jokowi menanyakan kepastian kapan vaksin Corona sampai ke Indonesia.

"Saya nanti akan minta laporan, yang pertama mengenai vaksin sampai di tangan kita kapan, karena ini sudah prosesnya, mestinya proses-proses administrasi, proses pembayaran mestinya sudah dilakukan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Jokowi juga meminta laporan soal kesiapan vaksinasi Corona di Indonesia. Laporan terkait distribusi, rantai dingin (cold chain) vaksin, hingga proses emergency use authorization (EUA) pun diminta Jokowi.

"Kemudian kesiapan vaksinasi itu sudah berapa persen, baik yang menyangkut proses distribusi, kemudian persiapan untuk cold chain, seller-nya seperti apa, dan proses administrasi menuju tahapan-tahapan ke BPOM yang berkaitan dengan emergency use of authorization seperti apa. Saya ingin mendapatkan laporannya," ujarnya.

Jokowi juga memberi arahan khusus terkait vaksinasi Corona. Jokowi meminta simulasi vaksinasi terus dilakukan dan menyatakan akan mengecek kembali simulasi vaksinasi itu.

"Kemarin saya lihat simulasi vaksinasi saya lihat di lapangan sudah baik, dan saya minta simulasi ini terus dilakukan. Saya akan ngecek mungkin 1 atau 2 kali lagi sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul pada kondisi yang sudah sangat baik," ujar Jokowi.

Selain itu, proses distribusi vaksin menjadi yang terpenting menurut Jokowi. Jokowi meminta evaluasi mekanisme dan proses distribusi vaksin terus dilakukan agar distribusi vaksin ke daerah-daerah menjadi aman.

"Dan yang paling penting menurut saya, terus dilihat, dievaluasi mekanisme dan proses distribusi dari vaksin yang menurut saya paling penting, agar perjalanan vaksin ke daerah ini bisa berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Jokowi sebelumnya juga terjun langsung mengecek simulasi vaksinasi Corona. Seperti apa?

Tonton juga video 'Jokowi Sebut Angka Kasus Cocid-19 RI Lebih Baik dari Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2