Polres Pelabuhan Tanjung Priok Patroli Sepeda, Antisipasi Begal dan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 17:22 WIB
Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok gowes cegah begal sepeda dan sosialisasi protokol kesehatan
Foto: Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok gowes cegah begal sepeda dan sosialisasi protokol kesehatan (ist)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok ikut mengantisipasi meningkatnya kasus begal terhadap pesepeda di sejumlah wilayah. Tim patroli bersepeda diterjunkan untuk mencegah adanya tindak kriminal terhadap pesepeda.

"Patroli sepeda ini kami laksanakan untuk mengamankan masyarakat yang melaksanakan gowes di Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan salah satu tempat favorit bagi para pesepeda di wilayah Jakarta," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Ahrie menjelaskan, patroli sepeda oleh polisi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi pembegalan dan penjambretan terhadap pesepeda. Dengan begitu para pesepeda maupun wisatawan akan merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas.

Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok gowes cegah begal sepeda dan sosialisasi protokol kesehatanJajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok gowes cegah begal sepeda dan sosialisasi protokol kesehatan Foto: Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok gowes cegah begal sepeda dan sosialisasi protokol kesehatan (ist)

Meski begitu, ada hal menarik pula yang dilakukan polisi saat patroli menggunakan sepeda. Selain menyapa para pesepeda, mereka juga menyempatkan diri untuk menyapa dan memberikan imbauan mengenai pentingnya protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19.

"Kampanye protokol kesehatan ini merupakan bagian dari kampanye #PriokBermasker yang terus kami galakkan. Kami mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan untuk memutus penyebaran COVID-19. Alhamdulillah wilayah Pelabuhan Tanjung Priok dari semula masuk di zona merah, kini sudah jadi zona hijau," jelasnya.

Sementara itu Kolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Slamet Riyanto juga menyampaikan hal senada. AKP Slamet yang memimpin langsung kegiatan patroli sepeda tersebut menyatakan kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa pada Sabtu Minggu memang ramai dikunjungi pesepeda. Selain memberikan rasa aman untuk masyarakat dengan berpatroli, pihaknya memanfaatkan momen itu pula untuk mengedukasi soal pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya pesepeda dalam beraktivitas. Selain itu diharapkan semua juga tetap ikut menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, juga menghindari kerumunan," jelas AKP Slamet.

(hri/aud)